Diskopindag Datangi Beberapa Retail di Kota Malang, Apa yang Dilakukan?

by -27 views
Diskopindag Datangi Beberapa Retail di Kota Malang, Apa yang Dilakukan?

INDONESIAONLINE – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang, melakukan pemantauan produk di beberapa retail atau supermarket di Kota Malang.  

Pemantauan tersebut guna memastikan kestabilan harga hingga melindungi para konsumen agar terhindar dari masa kadaluarsa produk-produk barang yang dijual.

Kasi Pengendalian dan Pengawasan Diskopindag Kota Malang, Luh Eka Wilantari menjelaskan, jika pemantauan ini sudah dilakukan sejak Senin lalu. Saat itu dua retail seperti Lai-Lai kemudian Superindo Sulfat. 

“Kemudian dilanjutkan hari ini di Grosir Utama, Hypermart Matos dan Avan Sawojajar. Upaya ini dilakukan tentunya untuk melindungi dan menghindarkan konsumen dari barang atau produk yang tak layak,” jelasnya, Rabu (5/5/2021).

Baca:  Ponpes di Jombang Beri Santunan Warga Terdampak Covid-19 Hingga Miliaran Rupiah
1

Selama pemantauan beberapa retail dan supermarket itu, pihaknya memang menemukan produk Frozen food yang telah kadaluarsa. Dari situ pihaknya kemudian memberikan teguran agar pihak pengelola untuk menarik dan mengembalikan kepada suppliernya.

“Kalau sengaja (menjual barang yang kadaluarsa) seperti tidak. Seperti karena memang kurang pantauan. Kebetulan pas kami tanya petugas di situ sedang sakit beberapa hari sehingga mungkin belum sempat mengecek, tapi kami sudah tegur,” jelasnya.

Sementara itu, untuk pantauan hari ini, seperti di Utama Grosir, petugas melakukan pengecekan berbagai produk. Mulai dari roti kemasan, minuman hingga makanan Frozen food. Dari pengecekan itu, petugas mendapati produk Frozen food tidak dilengkapi dengan masa kadaluarsa.

Baca:  Identitas Mayat di Tengah Hutan Terkuak, Ini Dugaan Ditemukan Telanjang

“Itu tadi sudah kami imbau untuk mengembalikan kepada distributornya,” jelasnya.

2

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat, agar ketika berbelanja benar-benar teliti dalam membeli barang, sehingga bisa terhindar dari barang kadaluarsa. Hendaknya ketika membeli barang jangan terburu-buru. Hal yang perlu diperhatikan adalah mengecek masa kadaluarsa.

“Jangan terkecoh dengan bungkus luar yang bagus. Perhatikan masa kadaluarsanya, kalau memang sudah expired, jangan dibeli. Kami harap masyarakat benar-benar teliti,” pungkasnya.

 

as/dn