Puluhan Knalpot Hasil Razia Balap Liar Digergaji, Operasi Terus Lanjut

by -38 views
Puluhan Knalpot Hasil Razia Balap Liar Digergaji, Operasi Terus Lanjut

BLITARTIMES – Kepolisian Resort (Polres) Blitar terus berupaya menciptakan keamanan dan keteriban masyarakat (Kamtibmas) jelang hari raya Idul Fitri. Diantaranya dengan gencar melaksanakan razia balap liar. Barang bukti balap liar berupa puluhan kenalpot brong kemudian dimusnahkan Polres Blitar di halaman Mapolres pada Rabu (5/5/2021) dengan cara digergaji.

Kapolres Blitar, AKBP Leonard M Sinambela, mengatakan, ada sebanyak 44 kenalpot brong yang dimusnahkan. Puluhan kenalpot brong ini adalah milik para pelaku balap liar yang dirazia Satlantas Polres Blitar selama bulan Ramadan.

“Barang bukti yang dimusnahkan adalah hasil operasi kepolisian maupun kegiatan rutin yang ditingkatkan,” ungkapnya.

Berdasarkan hasil evaluasi menjelang Hari Raya Idul Fitri, selalu terjadi peningkatan trend peningkatan gangguan Kamtibmas. Untuk itu, dilaksanakan kegiatan cipta kondisi dan penegakan hukum. Salah satunya dengan razia balap liar.

Baca:  PSBB Hari Pertama di Exit Tol Lawang, Petugas Arahkan 24 Kendaraan Balik Kanan

Dikatakanya, seluruh orang yang terlibat dan terjaring razia balap liar telah ditindak oleh kepolisian. Adapun kenalpot yang disita tersebut dimusnahkan karena tidak sesuai dengan standart kendaraan bermotor.

“Kenalpot yang tidak standart ini kita musnahkan karena termasuk dalam pelanggaran lalu lintas,” terangnya.

Tak hanya kenalpot brong, dalam kesempatan yang sama Polres Blitar juga memusnahkan 2.955 botol minuman keras. Peredaran minuman keras masih ditemukan di sejumlah kecamatan yang masuk wilayah hukum Polres Blitar. 

“Peredaran miras ini masih saja kita temukan. Oleh sebab itu peredaran miras ini perlu penanganan dan penindakan. mengingat masih banyak kejadian tindak pidana maupun kecelakaan lalu lintas dipengaruhi oleh miras,” imbuhnya.

Baca:  Jalan Licin karena Longsor, Mobil Masuk Jurang

Lebih dalam Leonard menyampaikan, di bulan Ramadan kali ini jajarannya juga gencar melaksanakan penertiban sound sistem yang digunakan untuk ronda keliling malam. Polres Blitar juga mengamankan 2 kilogram bubuk petasan.

“Semoga dengan razia dan sanksi yang diberikan serta pemusnahan ini bisa membuat pelanggar jera melakukan tindakan yang menyebabkan gangguan kamtibmas,” pungkasnya.

(nur/pit)