IMB Tak Ada dan Berdiri di Lahan Hijau, Perumahan Skypark Resort di Kota Batu Terancam Dibongkar

by -23 views
IMB Tak Ada dan Berdiri di Lahan Hijau, Perumahan Skypark Resort di Kota Batu Terancam Dibongkar

BATUTIMES – Perumahan Skypark Resort di Jalan Imam Sujono Desa Bulukerto, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu terpaksa dihentikan pembangunannya oleh Satpol PP dan Komisi A DPRD Kota Batu

Dihentikannya pembangunan itu lantaran pihak pengembang belum mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Selain itu, bangunan berdiri pada lahan hijau. Hal ini pula yang membuat Satpol PP langsung menindak dengan penyegelan terhadap perumahan Skypark Resort, Selasa (21/6/2021).

“Penyegelan dilakukan oleh Satpol PP karena menyalahi aturan. Kami menyarankan kepada owner menghubungi perizinan supaya menindaklanjuti atas pelanggaran ini,” kata Ketua Komisi A DPRD Kota Batu, Dewi Kartika. 

Ia menambahkan, banyak yang dilanggar oleh perumahaan Skypark, selain IMB, berdiri pada lahan hijau juga tidak memiliki izin Amdal dan Izin Lingkungan. 

Baca:  Menteri Yasonna Izinkan Habib Rizieq Kembali ke Tanah Air, FPI Beri Sindiran Balik ke Pemerintah

“Izinnya sama sekali tidak ada,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Satpol PP M Nur Adhim menambahkan, sudah dua kali  dilakukan penindakan oleh pihaknya terhadap Skypark. Pertama, dalam penindakan sudah diberi sanksi administrasi dan tipiring.

“Perumahan ini memang tidak memiliki IMB. Sampai pada tipiring tapi masih bandel, sehingga penindakannya dengan penutupan sesuai dari arahan DPRD Kota Batu,” ucapnya.

Dengan dilakukan penyegelan itu, lanjutnya, pengembang tidak diperbolehkan untuk melakukan aktivitas dan sebagainya. Saat ini pihaknya menunggu rekomendasi dari DPMPTSPTK untuk ke depannya.

“Jika mengacu pada Peraturan Daerah rekomendasinya dibongkar. Tapi, tindakan pembongkaran itu bergantung pada DPMPTSPTK. Jadi, semua itu tergantung perizinan bagaimana rekomnya ke kami,” tutupnya.

ir/dn