Kemensos Pastikan Semua Kebutuhan Makanan Pengungsi Semeru Tercukupi

JATIMTIMES – Kementerian Sosial RI memastikan harapan warga terakit pemenuhan makanan para pengungsi Semeru Lumajang akan terus dicukupi.

“Untuk bantuan terkait makanan sepenuhnya akan kita cukupi, karena kita ditopang oleh APBN yang memang diperuntukkan bagi para pengungsi,” Sekretaris Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI, Robben Rico di lapangan Tirtosari, Dapur Umum Ds Penanggal, Kec. Candipuro, Rabu (8/12). malam

Sedangkan untuk sebaran makanan untuk para pengungsi, menurut Robben Rico, semuanya akan dipenuhi, baik yang ada di posko pengungsian, di sekolah-sekolah, atau berada di rumah keluarga yang lebih aman, semua akan dicukupi.

Maka tidak benar jika ada kabar bahwa yang meminta bantuan makanan kemudian tidak dipenuhi.

“Tidak belul kalau ada warga minta bantuan permakanan tidak dikasih, misalnya, untuk di Desa Sumber Wuluh 7.800 bungkus nasi dan Desa Jarit 2.000 bungkus dalam sehari dan tentu yang sudah terdaftar,” kata Robben.

Lebih jauh Robben memastikan bagi warga yang sudah terdata dipastikan dikirimkan makanan sesuai jumlah yang diperlukan. Termasuk bagi komunitas yang memerlukan makanan, semunya akan dipenuhi, sejauh sudah terdata jumlah keperluannya. 

“Misalnya ada komunitas warga yang meminta permakanan 20 bungkus nasi tentu saja diberikan dan yang seperti ini datanya tidak tetap setiap harinya tidak sama. Artinya bisa naik-turun,”  tandas Robben. 

Pada kesempatan yang sama, Robben Rico juga menyempatkan meninjau langsung tenda-tenda yang didirikan oleh Kemensos yang di dalamnya terdapat bilik-bilik bagi yang berkeluarga, dan tenda yang terbuka bagi warga. 

Juga, ia menemani pendongeng bagi anak-anak untuk menghilangkan trauma, meninjau dapur yang dikelola Taruna Siaga Bencana (Tagana).



Moch. R. Abdul Fatah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Selesai Dibangun, Bupati Resmikan Gedung Utama Sarja Arya Racana dan Kantor Satreskrim Polres Tulungagung 

JATIMTIMES – Renovasi  Mapolres Tulungagung, yaitu gedung utama Sarja Arya Racana dan…

Ferdy Sambo Terlibat Dugaan Pembunuhan Berencana, Kapolri Bubarkan Satgassus Polri

INDONESIAONLINE – Bareskrim Polri telah menetapkan mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan…