WHO Minta Negara-Negara Pertimbangkan Penggunaan Masker di Tengah Munculnya Varian Kraken

INDONESIAONLINE – Setelah covid-19 Delta dan Omicron berakhir, dunia kembali dikhawatirkan dengan munculnya varian  ‘kraken’ atau dikenal dengan varian XBB.1.5. 

Varian itu disebut-sebut memiliki penularan yang lebih cepat dibandingkan dengan covid-19 subvarian lainnya. Saat ini, misalnya, karena varian tersebut, lonjakan covid-19 di Amerika Serikat kembali meningkat.

Melihat peristiwa itu, pejabat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meminta agar negara-negara di dunia kembali mempertimbangkan penggunaan masker. Pertimbangan itu terutama ditujukan pada orang-orang yang melakukan perjalanan jauh menggunakan pesawat.

Lebih lanjut, WHO mengungkap kasus varian ‘kraken’ ini di Eropa terdeteksi kecil. Namun hal itu kian bertambah.

“Penumpang harus disarankan untuk memakai masker dalam pengaturan berisiko tinggi seperti penerbangan jarak jauh,” kata petugas darurat senior WHO untuk Eropa Catherine Smallwood, dikutip dari Channel News Asia, Rabu (11/1/2023).

“Ini harus menjadi rekomendasi yang dikeluarkan untuk penumpang yang datang dari mana saja bahwa ada penyebaran covid-19 transmisi,” sambungnya.

Menurut pejabat kesehatan AS, sejauh ini, berdasarkan data per 7 Januari lalu, varian covid-19 ‘kraken’ telah menyumbang 27,6 persen kasus covid-19 di Amerika Serikat.

Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti kasus varian ‘kraken’ ini akan menyebabkan gelombang infeksi global lagi atau tidak. Namun, sejauh ini kasus varian terbaru ini masih bisa diatasi dengan cara mencegah gejala parah, rawat inap, hingga kematian.

“Negara-negara perlu melihat basis bukti untuk pengujian pra-keberangkatan dan jika tindakan dipertimbangkan, langkah-langkah perjalanan harus diterapkan dengan cara yang tidak diskriminatif,” kata Smallwood.

Selain mengimbau pemakaian  makser, WHO juga meminta gara para negara mencegah lonjakan kasus akibat varian ‘kraken’ ini. Caranya dengan melakukan pengawasan genomik hingga pemantauan air limbah di sekitar titik masuk, seperti bandara.

You May Also Like

Selesai Dibangun, Bupati Resmikan Gedung Utama Sarja Arya Racana dan Kantor Satreskrim Polres Tulungagung 

JATIMTIMES – Renovasi  Mapolres Tulungagung, yaitu gedung utama Sarja Arya Racana dan…

Ferdy Sambo Terlibat Dugaan Pembunuhan Berencana, Kapolri Bubarkan Satgassus Polri

INDONESIAONLINE – Bareskrim Polri telah menetapkan mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan…