Prakiraan Cuaca 9 Februari: Ini Sejumlah Daerah di Jatim yang Bakal Dilanda Hujan

INDONESIAONLINE –  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda merilis prakiraan adanya hujan lebat yang bisa menyebabkan bencana hidrometeorologi di wilayah Jawa Timur, Jumat 9 Februari 2024 hari ini.

“Prakiraan berlaku mulai pukul 07.00 WIB 9 Februari hingga pukul 07.00 WIB 10 Februari 2024,” bunyi laporan BMKG Juanda.

Berdasarkan laporan dari BMKG Juanda, dampak yang bisa terjadi akibat dari hujan lebat yang mengguyur kawasan di Jawa Timur ada beragam. Antara lain jembatan yang rendah tidak dapat dilintasi, terjadi longsor, guguran bebatuan atau erosi tanah dalam skala menengah.

“Volume aliran sungai meningkat atau banjir hingga aliran banjir berbahaya dan mengganggu aktivitas masyarakat dalam skala menengah,” tulis akun Instagram resmi @infobmkgjuanda.

Dalam matriks risiko yang dipaparkan BMKG Juanda, tingkat kemungkinan adanya hujan lebat berdampak berada di posisi rendah dan sangat rendah. BMKG juga memprediksi hujan berada di katagori waspada dan berada di level sedang.

BMKG Juanda juga meminta agar masyarakat berhati-hati jika sedang beraktivitas di luar rumah. Selain itu, diharapkan terus memperbarui informasi melalui media massa maupun media sosial terkait informasi hujan lebat.

“Mencari informasi melalui pihak-pihak terkait kebencanaan, tidak beraktivitas di luar rumah jika tidak mendesak, serta berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait kebencanaan,” imbau BMKG Juanda.

Ada sejumlah daerah yang berpotensi mengalami hujan lebat hingga bencana hidrometeorologi. Termasuk wilayah Malang Raya, yang meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu.

Berikut ini prakiraan BMKG beberapa wilayah di Jatim yang kemungkinan berpotensi sedang mengalami hujan lebat hingga bencana hidrometeorologi:

● BANYUWANGI : Wongsorejo

● BONDOWOSO : Sempol

● KEDIRI : Tarokan

● MAGETAN : Panekan, Sukomoro, Karas

● MALANG : Lawang

● NGANJUK : Ngetos, Berbek, Loceret, Pace

● NGAWI : Ngrambe, Jogorogo, Kendal, Paron, Kedunggalar, Gerih

● PASURUAN : Puspo, Lumbang, Nguling, Purwodadi, Purwosari, Sukorejo, Prigen, Pandaan, Gempol

● PROBOLINGGO : Sukapura, Kuripan, Tongas, Lumbang, Krucil, Gading, Pakuniran

● SITUBONDO : Arjasa, Asembagus, Jatibanteng, Sumbermalang

Demikian wilayah di Jawa Timur yang diprediksi waspada mengalami hujan lebat berdampak. BMKG Juanda juga merinci prakiraan hujan berdasarkan waktunya, ada yang hujan pagi, siang-sore, malam hari dan dini hari pada Jumat (9/2/2024). Berikut ini rinciannya:

● SIANG-SORE

Di wilayah Sidoarjo, Kota Mojokerto, Kab. Mojokerto, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kab. Madiun, Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kab. Blitar, Kota Blitar, Kab. Kediri, Kota Kediri, Kab. Malang, Kota Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Pamekasan dan Sampang.

● MALAM

Di wilayah Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kab. Madiun, Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Kab. Malang dan Lumajang.

● DINI HARI

Di wilayah Gresik.

Demikian beberapa wilayah di Jawa Timur yang pada Jumat, 9 Februari 2024 diprakirakan BMKG Juanda mengalami hujan lebat hingga bencana hidrometeorologi. Tetap waspada ya guys! (bin/hel)

BMKGCuacaHujanJatimprakiraan cuaca