Rektor UIN Malang Ajak Mahasiswa Asah Kemampuan, Dimulai Dengan Penelitian Sederhana

INDONESIAONLINE – Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof Dr HM Zainuddin MA mengajak mahasiswa lebih aktif melakukan penelitian, terutama penelitian sederhana. Karena sejauh ini, tak sedikit tokoh dan akademisi yang memberikan peran besar dalam kehidupan masyarakat melalui penelitian sederhananya.

Hal itu diungkapkan Prof Zainuddin dalam agenda kuliah tamu bertajuk “Economic-Societal Development, Business Psichology and Cross/Cultural management”, Selasa (21/3/20223). Ahli Psikologi asal Jerman, yakni Profesor Ullrich Ludwig Guenther hadir menjadi pemateri.

Menurut Zainuddin, Prof Ullrich menjadi salah satu tokoh yang patut dicontoh mahasiswa. Karena sederet penelitiannya tentang budaya Indonesia banyak dimanfaatkan.

“Hasil karya ilmiahnya dan tulisan begitu simple, namun dapat memberikan manfaat yang luas terkait informasi kebudayaan saat ini. Untuk itu, contohlah beliau yang suka melakukan penelitian, yang penting di tulisan dan dipublikasikan,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga berharap agar kolaborasi dapat dilakukan para mahasiswa dengan para dosen ataupun pihak lainnya. “Atau juga melakukan penelitian individu atau mandiri. Kita pun siap untuk membiayainya,” ujarnya.

Menurutnya, dengan adanya fenomena menjamurnya cafe di sekitar kampus yang begitu ramai dikunjungi para mahasiswa hingga larut malam juga menjadi salah satu objek yang bisa diteliti. Karana jika hal itu dilakukan, maka tentu akan memberikan sebuah informasi yang menarik.

Seperti halnya, dapat diketahui seberapa besar pengaruh keberadaan cafe tersebut terhadap perkembangan pendidikan bagi para mahasiswa. Karena itulah, hal tersebut ditegaskannya sangatlah menarik untuk diteliti.

“Coba itu diteliti apakah mereka di cafe itu belajar atau sekedar nongkrong sembari pacaran,” ujarnya.

Disisi lain, ia juga menerangkan jika tema stadium general ini sangatlah cocok dan selaras dengan fenomena yang terjadi saat ini. Pembahasan psikologi sangatlah luas dan tidak akan ada habisnya. Selain itu, hal tersebut akan selalu  berhubungan dengan perilaku manusia.

rektor uin malanguin malanguin maliku malang