Santri Tambakberas Jombang Lolos Jadi Parlemen Remaja

Parlemen Remaja Muhammad Rivaldi dari ponpes Tambakberas Jombang

INDONESIAONLINE – Sosok santri Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang, Jawa Timur (Jatim) bernama Muhammad Rivaldi Ka’bah (17) lolos menjadi anggota Parlemen Remaja 2023 mewakili Dapil VIII Jatim.

Rivaldi akan melanggang ke senayan atau DPR RI untuk menjalani program tersebut September mendatang.

Program Parlemen Remaja adalah kegiatan tahunan DPR RI yang mengedukasi generasi muda mengenai prinsip dasar demokrasi dan keparlemenan.

Program ini berisikan pelajar dari perwakilan daerah pemilihan (Dapil) di seluruh Indonesia. Setiap Dapil diambil 1 pelajar sebagai anggota Parlemen Remaja.

Rivaldi menjadi salah satu peserta yang lolos ke Senayan sebagai anggota Parlemen. Ia lolos dari Dapil VIII Jatim meliputi Kabupaten Jombang, Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Madiun dan Kota Madiun.

Putra tunggal pasangan Aripudin (44) dan Yulianita Lestari (33) ini berhasil menyingkirkan 150 kompetitornya di Dapil VIII Jatim.

“Saya terpilih dari 150 pendaftar di Dapil VIII Jatim. Di 2023 ini ada 134 anggota Parlemen Remaja yang terpilih dari seluruh Indonesia,” ucapnya, Jumat (25/8/2023).

Rivaldi lolos di ajang Parlemen Remaja setelah Curriculum Vitae (CV), Esai dan videonya diterima panitia seleksi. Essai yang dibuat siswa kelas XII MA Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh ini berisikan tentang komunitas remaja untuk bisa mengenali hukum lebih dalam dengan cara menjadi konseler bagi teman sebayanya.

“Video ini saya adaptasi dari esai saya sendiri. Jadi video ini menjelaskan kalau saya jadi legislator, saya akan mendirikan komunitas remaja melek hukum atau saya sebut ‘Kojakum’,” terangnya.

Santri Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang ini akan berangkat ke Jakarta menjadi anggota Parlemen Remaja selama 6 hari mulai 11-16 September 2023 mendatang. Ia akan mengikuti kegiatan layaknya anggota legislatif. Mulai dari mengikuti simulasi rapat kerja, rapat dengar pendapat hingga rapat paripurna.

Layaknya anggota DPR, Parlemen Remaja ini juga dibagi menjadi fraksi-fraksi. Rivaldi masuk menjadi Fraksi Kutai. Nantinya fraksi ini juga akan membahas rancangan undang-undang. Pada tahun ini, program Parlemen Remaja akan membahas RKUHP.

“Tahun ini kan temanya hukum. Jadi pembahasan kita nanti di RKUHP. Ada 3 materi yang dibahas yaitu hukuman pidana mati, penghinaan kepada Presiden dan Wakil Presiden, dan juga penyelenggaraan pawai, demonstrasi, unjuk rasa tanpa izin,” terang Rivaldi.

Sosok Rivaldi

Rivaldi mengaku telah lama tertarik dengan dunia hukum dan politik. Terlebih lagi sosok ayahnya, Aripudin yang seorang advokat menjadi inspiratornya sejak kecil.

Rivaldi saat ini duduk di kelas XII MA Unggulan K.H. Abd. Wahab Hasbulloh. Ia juga menimba ilmu agama di Al-Wahabiyyah 1 Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang.

“Nantinya akan membawa ilmu yang saya dapat dari sana. Saya akan bagikan ke teman-teman saya di sini. Bahwa pentingnya kita sebagai remaja ini harus mengenal hukum,” ucapnya (ar/dnv).

muhammad rivaldi kabahparlemen remajaponpes tambakberas jombang