Arti Eid Mubarak, Kalimat yang Selalu Didengungkan Saat Lebaran Idul Fitri

by -76 views
Arti Eid Mubarak, Kalimat yang Selalu Didengungkan Saat Lebaran Idul Fitri

INDONESIATIMES – Eid Mubarak adalah kalimat yang tak asing bagi setiap orang. Biasanya, Eid Mubarak menjadi salah satu kalimat yang juga sering diucapkan saat lebaran atau Idul Fitri.

Namun, sebagian orang ada yang belum mengetahui arti dari kalimat tersebut. Lantas apa sebenarnya arti dari Eid Mubarak? 

Melansir melalui Dream.id, “Eid Mubarak” merupakan cara tradisional umat Muslim untuk menyapa satu sama lain saat momen Idul Fitri.

Dalam bahasa Arab, “mubarak” memiliki arti diberkati. Sedangkan kata “Eid” artinya adalah festival atau selebrasi. 

Jadi “Eid Mubarak” bisa diartikan acara yang diberkati. Meskipun kata Eid Mubarak bisa juga disebut sebagai “Happy Eid”  atau “selamat diberkati”. 

Baca:  Jangan Bunyikan Klakson Terlalu Keras, Bisa Dikurung 1 Bulan atau Denda Rp 250 Ribu

Hal serupa juga saat umat Muslim mengatakan “Ramadan Mubarak” pada awal bulan puasa dan selama bulan puasa berlangsung. Kata-kata “Ramadan Kareem” ini jarang digunakan, namun kata ini memiliki arti ” Ramadan yang murah hati”. 

Selain itu kata yang juga akrab di telinga ialah “Ramadan Mubarak”. Sebenarnya masih ada perdebatan “Ramadan Kareem”atau “Ramadan Mubarak” yang lebih pantas digunakan. 

Namun menurut Khaled Boudemagh seorang ahli bahasa dari Dubai mengatakan, “Ramadan adalah bulan yang penuh kasih, maka dari itu, perkataan yang cocok adalah Ramadan Kareem”.

Di Indonesia sendiri, Eid memiliki arti Lebaran, sehingga orang-orang di Indonesia mengucapkan, “Selamat Lebaran” . Sedangkan variasi lainnya ada di Turki dan Nigeria.

Baca:  Aksi Unik Seseorang yang Belanja Pakai Kostum Power Rangers: Ini Baru APD Paling Keren

Di Turki orang-orang mengucapkan “Mutlu Bayramlar” dan di Nigeria kerap disebut “Barka da Sallah”.

(des/pit)