Shin Tae-yong Sebut Dua Alasan Timnas U-20 Kalah Melawan 10 Pemain Irak

INDONESIAONLINE – Timnas U-20 Indonesia mengawali perjalanannya di Piala Asia U-20 2023 dengan kekalahan. Asuhan pelatih Shin Tae-yong (STY) itu takluk 0-2 dari Irak pada Rabu, (1/3/2023) malam. 

Dari sisi jumlah pemain, Indonesia seharusnya lebih unggul. Karena Irak hanya bermain dengan 10 pemain. Pemain Irak Charbeel Awni mendapatkan kartu merah di injury time babak pertama. 

Menanggapi hal itu, STY pun mengungkap dua alasan kalahnya Timnas Indonesia. Dia pun awalnya mengaku heran bagaimana bisa tim asuhannya tak mencetak gol. 

“Kami bermain bagus di babak pertama, tapi saya masih belum tahu mengapa kami tidak bisa bermain lebih baik lagi saat unggul jumlah pemain. Sebagai pelatih saya akan evaluasi tim dan akan berbicara dengan tim,” ucap STY, dikutip laman resmi PSSI.

Shin sempat menyoroti cuaca dingin di Uzbekistan. Namun alasan cuaca ditampiknya, Dia menyebut alasan pertama kekalahan timnas adalah hilangnya konsentrasi pemain.

“Memang cuaca di Indonesia lebih panas dibandingkan di sini. Tapi saya pikir itu tidak bisa dijadikan alasan atas kekalahan ini. Hal paling utama dari kekalahan ini adalah kami kehilangan konsentrasi,” ujar Shin Tae Yong.

Selain itu, STY juga menyebut alasan kekalahan timnas yang kedua karena perbedaan kualitas antara starting eleven dan pemain pengganti di skuad Timnas Indonesia U-20. Saat dikalahkan Irak, Shin melakukan lima pergantian pemain, empat di antaranya di babak kedua.

“Ada jurang antara starting eleven dan pemain pengganti, karena memperlihatkan performa yang berbeda. Hal itu juga yang perlu kami perbaiki untuk laga selanjutnya,” pungkas Shin Tae Yong.

AlasanDuaIrakKalahMelawanPemainSebutShinTaeyongTimnasU20