Review Jajal vivo T1 Pro ponsel kelas menengah dengan performa turbo


Jakarta (Indonesia) – Vivo Indonesia pertama kali memboyong seri T ke Indonesia dengan memperkenalkan Vivo T1 Pro 5G dan Vivo T1 5G.

Indonesia berkesempatan menjajal langsung salah satu produk unggulan dari seri T, yakni Vivo T1 Pro 5G.

Ponsel ini diklaim Vivo sebagai ponsel kelas menengah terbaik di pasar smartphone Indonesia karena mampu menjawab segala kebutuhan, mulai dari produktivitas hingga akses hiburan.

Apakah klaim ini terbukti benar? Berikut ulasannya.

Rancangan

Vivo menawarkan dua warna untuk T1 Pro 5G, yakni Turbo Black dan Turbo Cyan.

Untuk review kali ini Indonesia akan mendapatkan varian Turbo Cyan yang memiliki desain mewah.

Tekstur “doff” membuat kesan mewah semakin kuat, serasa memiliki ponsel high-end yang akhir-akhir ini bagian belakangnya bertekstur matte.

Desain kameranya juga terasa unik karena tampilannya yang bulat membuatnya semakin terlihat necis.

Memasuki desain layar depan, ponsel ini masih menggunakan tampilan “waterdrop” yang menjadi ciri khas ponsel kelas menengah untuk menempatkan kamera selfie.

Tampilan depan Vivo T1 Pro 5G. (Antara/Livia Kristianti)

Namun hal tersebut tidak mengganggu performa karena ponsel ini memiliki panel layar AMOLED HDR10+ berukuran 6,4 inci yang menampilkan tampilan cerah dan nyaman digunakan dalam jangka waktu lama dengan tingkat kecerahan 1300 nits.

Tampilan bagian samping Vivo T1 Pro 5G terbilang ramping dan “bersih”, hal ini mungkin juga karena pencopotannya colokan audio 3,5 mm yang biasanya ditemukan untuk akses headphone.

Namun jika tertarik untuk membeli ponsel ini, maka tidak perlu khawatir karena Vivo menyediakannya adaptor audio Type C ke Audio Jack dalam pembelian produk ini.

Anda bisa menemukan slot SIM yang mampu menampung dua SIM berukuran nano secara berdampingan dengan koneksi USB Type C dan speaker.

Dari segi kenyamanan penggunaan, ponsel ini terbilang ringan dan nyaman digenggam dengan bobot 180 gram yang cocok untuk digunakan sehari-hari.

pertunjukan

Melihat lebih dekat kamera Vivo T1 Pro 5G. (Antara/Livia Kristianti)

vivo T1 Pro 5G memiliki dapur pacu terbaik untuk kelas menengah yaitu menggunakan chipset dibuat oleh Snapdragon 778 5G.

Dari segi RAM, pengguna akan dipuaskan dengan RAM besar yakni 8GB dan kapasitasnya bisa ditingkatkan lagi menjadi 4GB dengan memakan ruang memori internal, sedangkan Vivo sudah menyematkan memori sebesar 128GB untuk ROM.

Sayangnya untuk memori, sepertinya pengguna harus memiliki ruang penyimpanan virtual berupa layanan “cloud” karena jika aktivitas produktivitas Anda memakan memori yang cukup banyak, sayangnya ponsel ini tidak bisa ditambah dengan memori eksternal tambahan.

Mengenai sistem operasi, ponsel ini menggunakan FunTouch 12 besutan Vivo yang berbasis sistem operasi Android 12 tentunya membuat aktivitas menjadi lebih mudah dan praktis karena merupakan sistem terbaru saat ini.

Dari segi konektivitas terbaru yakni 5G, ponsel ini memiliki performa yang baik saat bekerja menggunakan jaringan terkini.

Terlihat saat mengunduh game dengan file besar seperti Mobile Legend Bang Bang berukuran 150 MB sangat cepat dalam waktu kurang dari satu menit, kemudian untuk mengunduh game Asphalt 9 berukuran 2,95 GB pengguna tidak perlu menunggu lama karena hanya membutuhkan waktu sepuluh menit.

Tentu ini menjadi keunggulan yang dimiliki Vivo T1 Pro 5G jika dibandingkan dengan ponsel kelas menengah yang masih mengandalkan konektivitas 4G.

Memasukkan fitur untuk mendukung produktivitas seperti catatan dan perekamponsel ini bisa dikatakan sangat handal.

Ketika menggunakan catatanpengetikan dapat dilakukan secara maksimal tanpa delay atau jeda sehingga orang yang sering mengetik tugas di ponselnya dapat menggunakannya dengan leluasa.

Adapun fitur perekamsuara yang ditangkap oleh HP ini cukup jernih dan jelas.

Saat mendengarkan kembali rekaman suara, Anda bisa memanfaatkan fitur speed up hingga 2 kali lebih cepat dan slow down sebanyak 0,5 kali.

Keunggulan lain yang diklaim Vivo untuk Vivo T1 Pro 5G adalah performa bermain game yang mumpuni.

Saat digunakan untuk memainkan game Mobile Legend Bang Bang dan Asphalt 9 yang membutuhkan kemampuan grafis mumpuni, ponsel ini memberikan performa yang memuaskan.

Selama pemakaian hampir dua jam lamanya, tidak ada grafis yang pecah dan ponsel tetap dingin, menandakan bahwa sistem “pendingin turbo” dengan menggunakan teknologi Vapor Chamber yang disematkan Vivo sudah bekerja maksimal.

Hanya saja memang perlu diakui bahwa audio yang dihasilkan saat bermain game terasa kurang, namun dengan grafis dan kontrol yang baik tentunya hal tersebut tidak menjadi masalah.

Ponsel ini didukung baterai besar 4700 mAh dengan pengisian cepat FlashCharge 66W.

Cukup menarik karena penulis sebelumnya tidak memiliki ponsel dengan baterai di atas 4500 mAh yang membutuhkan waktu lebih dari satu jam untuk mengisi daya hingga mencapai 100 persen.

Saat mengulas Vivo T1 Pro 5G, ternyata super fast charging juga memuaskan karena hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mengisi daya hingga 100 persen dari kondisi baterai 10 persen.

Sedikit disayangkan untuk mengakses headphone dengan colokan audio 3,5 mm, saat menggunakan ponsel ini untuk mendengarkan lagu dan di tengah perjalanan audio yang terdengar bisa terganggu jika adaptor terlalu banyak mengalami guncangan.

Namun, Anda bisa menyiasatinya dengan mendengarkan lagu atau menggunakan audio Stereo Nirkabel Sejati (TWS) sehingga tidak diperlukan koneksi kabel.

Kamera

Membahas kamera ponsel Vivo T1 Pro 5G secara umum dapat disimpulkan cukup memuaskan bagi penulis.

Fitur visual yang dihadirkan Vivo pada T1 Pro 5G adalah Night mode, Portrait, Photo, Video, Panoramic, Live Photo, Slow Motion, Time-Lapse, Pro mode, AR Stickers, Documents, Dual View Video, Ultra Stable Video, 4K Rekaman video.

Masuk ke spesifikasi kamera belakang, Vivo menyematkan kamera utama 64 MP dan dibekali kamera 8 MP untuk kamera belakang. ultrawide serta 2 MP untuk makro.

Saat menggunakan fitur kamera belakang, Vivo T1 Pro 5G memiliki kemampuan zoom hingga 10 kali.

Namun berdasarkan pengalaman menggunakannya selama lebih dari satu bulan, fungsi zoom yang maksimal dan ideal untuk mengambil foto menggunakan ponsel ini berada di skala 2.0.

Gambar yang dihasilkan memanfaatkan fitur kamera utama Vivo T1 Pro 5G di luar ruangan dengan menggunakan sinar matahari. (Antara/Livia Kristianti)

Untuk penggunaan zoom pada skala 5.0, kamera belakang ponsel ini masih cukup bagus namun sedikit buram sehingga perlu bantuan tripod untuk memastikan bidikan Anda tidak buram.

Hasil jepretan untuk mode “Panoramic” terasa biasa saja namun tidak terlalu istimewa, namun bisa dipastikan fungsi ini dapat berfungsi dengan baik.

Gambar yang dihasilkan memanfaatkan mode “Panoramic” Vivo T1 Pro 5G di luar ruangan dengan menggunakan sinar matahari. (Antara/Livia Kristianti)

Untuk pengambilan gambar pada malam hari menggunakan “Night Mode” cukup memuaskan karena hasil gambar lebih terang dan objek yang diinginkan pada gambar tertangkap dengan baik.

Sedangkan untuk “Night Mode”, Vivo memungkinkan hasil yang lebih terang untuk hasil akhir pemotretan di kondisi gelap.

Hasil gambar menggunakan fitur “Night mode” dari Vivo T1 Pro 5G. (Antara/Livia Kristianti)

Fitur lain yang menarik dari ponsel ini adalah fitur “edit” yang memudahkan tidak hanya untuk mempercantik foto tetapi juga memudahkan untuk mengedit video.

Salah satu bagian dari fitur “Edit” yang menjadi jagoan penulis adalah “Hapus” karena pengguna dapat menghapus objek yang tidak diinginkan dalam fotonya.

Kolase gambar “Sebelum” (atas) dan “Setelah” (bawah) dari Vivo T1 Pro 5G memanfaatkan fitur “Hapus” untuk menghapus objek yang tidak diinginkan dalam foto. (Antara/Livia Kristianti)

Dengan menggunakan fitur yang tepat, hasil foto dan objek yang diinginkan tetap dapat terlihat seperti yang diinginkan tanpa perlu melakukan pengeditan menggunakan banyak aplikasi.

Membahas fungsi kamera selfie, ponsel ini menawarkan kamera 16 MP namun memiliki banyak fitur menarik seperti fitur stiker AR hingga berbagai panduan untuk mendapatkan foto yang stylish, terutama saat mengaktifkan mode “Portrait”.

Hasil gambar menggunakan kamera selfie besutan Vivo T1 Pro 5G. (Antara/Livia Kristianti)

Hasilnya tidak diragukan lagi berkat kecerdasan AI, hasil foto selfie Anda akan terlihat sangat cantik dengan warna yang terbilang bersemangat terutama untuk penggunaan di luar ruangan dengan pencahayaan sinar matahari alami.

Kesimpulan

Tampaknya klaim yang dilontarkan oleh Vivo untuk produk T1 Pro 5G tidak dibesar-besarkan.

Semua fiturnya baik untuk menunjang produktivitas kerja atau belajar sehingga mampu memberikan fasilitas hiburan yang berfungsi dengan baik dan optimal.

Bagi Anda yang ingin memiliki ponsel 5G kelas menengah, Vivo T1 Pro 5G akan menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Meski ada beberapa kekurangan, Anda bisa mentolerirnya dengan kelebihan yang disematkan Vivo dari ponsel yang resmi dirilis pada Mei 2022 itu.

Ponsel ini bisa dibeli langsung di gerai Vivo atau online melalui kanal resmi Vivo dengan harga Rp 4.499.000.

You May Also Like

Review Samsung disebut puncaki pasar ponsel pintar global kuartal ketiga

Jakarta (Indonesia) – Samsung Electronics Co mempertahankan posisi teratas di pasar smartphone…

Review Amazfit GTR 2e dan GTS 2e, teman mungil untuk temani berolahraga

Jakarta (Indonesia) – Menjalani pola hidup sehat merupakan hal yang wajib dilakukan…