Uji Coba Modifikasi E-Siap, Dispendukcapil Pemkab Blitar Rakor dengan PRD 22 Kecamatan

INDONESIAONLINE – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Blitar tak henti-hentinya berinovasi dalam rangka meningkatkan kualitas layanan adminduk. Terkini, OPD yang berkantor di Kelurahan Satriyan Kecamatan Kanigoro ini segera melakukan uji coba modifikasi E-Siap.

Sebagai informasi, E-Siap adalah layanan berbasis online melalui anjungan yang terbukti bisa membuat pelayanan lebih cepat, ringkas dan mudah. Agar ke depan bisa menjangkau seluruh masyarakat di Kabupaten Blitar, Dispendukcapil Kabupaten Blitar berinovasi dengan mengalihkan layanan E-Siap dalam waktu dekat bakal bisa diakses oleh masyarakat melalui ponsel android dengan tingkat akurasi yang lebih cepat.

Rencana uji coba modifikasi E-Siap dibahas tuntas dalam rapat koordinasi yang digelar Dispendukcapil bersama petugas registrasi desa (PRD) perwakilan 22 kecamatan di Kabupaten Blitar, Jumat (1/7/2022). Rapat kali ini dipimpin langsung oleh Kepala Dispendukcapil Kabupaten Blitar Ir Suwandito didampingi Sekretaris Dispendukcapil Imam Safii.

‘’Hari ini kita kumpulkan 22 petugas registrasi desa. Mereka merupakan tunjukan penugasan dari setiap kecamatan. Setiap kecamatan di Kabupaten Blitar kami minta menunjuk satu desa yang akan kami gunakan sebagai uji coba modifikasi E-Siap,’’ kata Suwandito.

Suwandito menambahkan, E-Siap modifikasi ini nanti pelayanan administrasi kependudukan di Kabupaten Blitar benar-benar akan full daring.

‘’Nantinya dengan E-Siap modifikasi ini masyarakat akan benar-benar secara mandiri mengupload dokumennya tanpa harus ke kantor Dukcapil, tanpa harus ke kantor desa. Dokumen cukup di upload dari rumah melalui aplikasi E-Siap. Semuanya akan langsung kita proses,’’ terangnya.

Lanjut Suwandito, modifikasi E-Siap ini mutlak harus dilakukan Dispendukcapil Kabupaten Blitar. Selain komitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, inovasi ini harus dilakukan karena adanya penyesuaian dengan SIAK terpusat.

‘’Jika di 22 desa uji coba modifikasi E-Siap berjalan lancar maka kita akan langsung kita luncurkan dan terapkan ini di 248 desa/kelurahan di Kabupaten Blitar. Teknis penggunaanya, dokumen cukup di upload  sendiri melalui ponsel android melalui aplikasi. Aplikasinya bisa di download melalui Playstore,’’ imbuhnya.

Uji coba E-Siap modifikasi akan dilakukan Dispendukcapil pada Senin 4 Juli 2022. Hadirnya E-Siap modifikasi ini akan semakin menambah aneka menu pilihan pelayanan administrasi kependudukan. Sebelumnya Dispendukcapil Kabupaten Blitar telah meluncurkan layanan Lapak Sarah yang bisa diakses masyarakat di kantor desa.

‘’E-Siap ini pelayanan online melalui ponsel android. Lalu bagaimana dengan warga yang tidak melek internet dan HP? Nanti akan dibantu teman-teman PRD di kantor desa melalui Lapak Sarah. Masyarakat bisa memilih, kalau ingin mengupload sendiri dokumen-dokumenbya bisa dengan E-Siap. Kalau tidak mampu mengupload sendiri bisa dibantu PRD melalui Lapak Sarah,’’ tukasnya.

Lebih dalam Suwandito menyampaikan, PRD merupakan ujung tombak pelayanan administrasi kependudukan di tingkat desa. Dalam kesempatan ini pihaknya menyampaikan, inovasi demi inovasi yang dilakukan Dispendukcapil bukan menambah tanggung jawab PRD, namun merupakan penguatan kualitas pelayanan di tingkat paling bawah.

‘’Untuk desa, marilah kita bersinergi melayani masyarakat. Karena apa? Tugas pelayanan adminduk itu ada di tingkat desa dan ada di tingkat pemerintah kabupaten. Oleh sebab itu kita harus saling menguatkan. PRD peranya luar biasa dan kita harus benar-benar melaksanakan tugas pelayanan ini sesuai dengan yang diamanahkan sesuai dengan jargon Dukcapil Bisa, ada amanah,’’ pungkasnya. (Adv/Kmf)