Ahmad Dhani Bantah Konser Gaspol Prabowo-Gibran di Surabaya Dihentikan Bawaslu

Ahmad Dhani memberikan klarifikasi soal konser gaspoll dibubarkan Bawaslu. (foto: istimewa)

INDONESIAONLINE – Caleg Gerindra untuk DPR sekaligus musikus Ahmad Dhani meluruskan kabar yang menyebutkan konser di Surabaya, Jawa Timur, dibubarkan Bawaslu Surabaya. Ahmad Dhani menegaskan bahwa tidak ada pembubaran dari konser tersebut.

“Berita hoax konser Ahmad Dhani dibubarkan Bawaslu. Faktanya yang konser adalah Dewa 19. Faktanya Dewa 19 tidak digiring oleh Bawaslu. Panitia penyelenggara bukan Ahmad Dhani. Ahmad Dhani tidak melakukan orasi,” kata Ahmad Dhani dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (6/2/2024).

Ia mengungkap penampilan Dewa 19 tidak untuk kepentingan kampanye. Dia juga menjelaskan konser memang setop saat waktu salat Magrib dan dilanjutkan setelahnya.

“Dewa 19 dibayar secara profesional, tidak untuk kampanye. Konser memang setop saat Magrib saja. Setelah itu, lanjut,” ujar politikus Partai Gerindra itu.

Lebih lanjut Ahmad Dhani menegaskan dirinya bersama personel Dewa 19 tidak digiring oleh Bawaslu untuk meninggalkan lokasi acara. “Ngawur itu,” ujarnya.

Konser 19 yang dimaksud adalah Konser Gaspoll Satu Putaran Prabowo-Gibran yang digelar di Jatim International Expo (JIE) Convention Exhibition atau Jatim Expo, Surabaya. Bawaslu Surabaya menilai acara tersebut melanggar ketentuan KPU. Namun, pada akhirnya konser tersebut terus berlanjut.

Sebelumnya, Ketua Bawaslu Surabaya Novli Tysen menjelaskan Bawaslu telah mengeluarkan surat imbauan kepada penyelenggara konser. Dia menyebut kegiatan itu melanggar jadwal kampanye akbar yang ditentukan KPU.

“Kegiatan ini kita dapat selebaran semacam selebaran tentang konser gaspoll satu putaran yang diselenggaran di Jatim Expo. Atas dasar itu, kami melakukan upaya pencegahan dalam bentuk surat imbauan. Kami membuat surat imbauan kepada penyelenggara untuk tidak melakukan kegiatan tersebut, karena kegiatan itu melanggar jadwal rapat umum di luar jadwal yang ditetapkan oleh KPU,” jelas Novli kepada wartawan, Sabtu (3/2) malam. (mut/hel)

Ahmad Dhanibawaslukonser gaspoll di SurabayaPemilu 2024