Anies dan Cak Imin Sama-Sama Penggemar Vespa, Ini Bedanya Milik Mereka

Anies Baswedan (kanan) dan Muhaimin Iskandar saat mengendarai Vespa jadul miliknya.

INDONESIAONLINE – Pasangan bakal capres dan cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) ternyata sama-sama pecinta Vespa jadul. Hal itu seperti terlihat dari unggahan lama di Instagram @cakiminnow.

Dalam unggahannya, Cak Imin membandingkan Vespa jadul miliknya dengan Vespa jadul punya Anies Baswedan. Video tersebut memperlihatkan perbandingan Vespa Sprint tahun 1968 milik Anies dan Vespa GS 125 tahun 1956 kepunyaan Cak Imin.

Dalam video tersebut, Vespa milik Cak Imin dan Anies Baswedan sama-sama dinarasikan sudah dipakai sejak dirinya berkuliah di UGM. Vespa Cak Imin dibeli tahun 1984, sedangkan Vespa Anies merupakan warisan ayahnya yang dibeli tahun 1974.

“Vespa Cak Imin Vs Vespa Anies,” tulis Cak Imin dalam deksripsi video.

Selain itu, Cak imin juga menuliskan jika Vespa miliknya dibeli tahun 1984. Sedangkan Vespa punya Anies adalah warisan ayanya yang dibeli pada 1974.

Sementara itu, kapasitas mesin milik Cak Imin 125 cc, sedangkan kapasitasn Vespa punya Anies 150 cc. Keberadaan vespa Anies dan Cak Imin pun berbeda, milik Anies dibawa ke Jakarta, sementara milik Cak Imin dipajang di DPP PKB.

Cak Imin pun pernah bercerita bahwa Vespa miliknya diberi nama Meriam Bellina, mirip bintang film. Cak Imin telah menggunakan ‘Meriam Bellina’-nya itu sejak dirinya masih di bangku kuliah.

“Vespa saya dari zaman mahasiswa dulu. Namanya Meriam Bellina,” kata Cak Imin pada 2018 lalu.

Ia mengungkapkan bahwa Vespa baginya sudah selayaknya istri. Meski Vespanya rewel, ia tetap cinta.

“Vespa itu kayak istri. Meskipun rewel, gampang macet, bawel, tapi kita tetap cinta,” ujarnya.

Sementara itu, Anies memiliki Vespa Sprint tahun 1968 warna silver. Anies mengaku, motor itu diwarisi turun-temurun. Menurut Anies, Vespa tersebut dibeli seken alias bekas oleh ayahnya pada 1974. Vespa tersebut digunakan sebagai motor harian.

“Vespa Sprint Tahun 1968 warna Silver. Itulah kendaraan keluarga kami sejak dulu,” tutur Anies di akun media sosialnya.

“Sebelum punya Vespa, ayah kalau ke kampus untuk mengajar di Yogya selalu naik ‘sepeda onthel’. Vespa ini jadi kendaraan bermotor pertama keluarga kami. Dan kemudian ayah sehari-hari menggunakannya, termasuk saat bekerja sebagai Dekan,” ucapnya.

Dalam video yang dibagikan Cak Imin itu, Anies pun membubuhkan komentarnya pada unggahan tersebut. Mantan gubernur DKI Jakarta itu mengapresiasi unggahan Cak Imin soal Vespa.

“Mantap, Gus! Satu Vespa sejuta saudara…,” tulis Anies di kolom komentar @cakiminnow. (bin/hel)

anies baswedanmuhaimin iskandarpenggemar VespaVespa