Eks Bupati Ngawi Dilantik Jadi Ketua Perbasasi Jatim, Ini Targetnya

Pelantikan dan pengukuhan pengurus baru Perserikatan Baseball Softball Seluruh Indonesia (Perbasasi) Jawa Timur (Jatim) pada Kamis (9/5/2024) kemarin. Di mana untuk Ketua Perbasasi Jatim kini dipegang oleh eks Bupati Ngawi Onny Anwar Harsono menggantikan Armuji (mca/io)

INDONESIAONLINE – Mantan Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono, resmi dilantik sebagai Ketua Perserikatan Baseball Softball Seluruh Indonesia (Perbasasi) Jawa Timur (Jatim) pada Kamis (9/5/2024) kemarin. Ia menggantikan Armuji, yang kini menjabat Wakil Wali Kota Surabaya.

Ony memiliki misi ambisius untuk mengembalikan kejayaan baseball dan softball Jatim di kancah nasional, termasuk meloloskan cabor ini ke Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim 2025.

“Jadi, saya ingin mengembalikan sejarah Jawa Timur di olahraga baseball softball putra putri yang sudah bisa masuk ke nasional,” ungkap Ony melalui keterangan resmi, Jumat (10/5/2024).

Ony fokus untuk menambah jumlah kepengurusan Perbasasi di tingkat kabupaten/kota. Saat ini, terdapat 4 kepengurusan, dan Ony bertekad menambah 5 lagi, sehingga total menjadi 10. Hal ini diperlukan agar baseball dan softball dapat dipertandingkan di Porprov.

“Kami di pengurus yang baru ini, bagaimana nantinya pengkab yang selama ini baru ada empat, akan ditambah lima lagi. Jadi minimal 10, untuk bisa ikut di Porprov. Karena selama ini baru eksebisi, nantinya target supaya ikut di kejuaraan di Porprov,” imbuh Ony.

Sosialisasi juga menjadi fokus utama Ony. Ia ingin mengubah stigma bahwa baseball dan softball adalah olahraga elit dan mahal.

“Nantinya terus akan kami kenalkan. Karena olahraga ini banyak peminatnya. Dan berusaha merubah mindset masyarakat bahwa olahraga ini hakikatnya tidak seperti yang dibayangkan,” tandasnya.

Ketua KONI Jatim, M. Nabil, menyambut baik kepemimpinan Ony dan optimistis dengan terobosan-terobosan baru yang akan dilakukan, seperti membangun base camp dan lapangan.

“Saya tentu dalam hal ini mengapresiasi kepemimpinan Mas Ony yang baru saja dilantik sudah menambah pengkab/pengkot. Ini tentu menjadi semangat baru bagi olahraga baseball dan softball. Apalagi olahraga ini banyak peminatnya. Saya sangat mendukung itu,” katanya.

Nabil berharap dengan kepemimpinan Ony, baseball dan softball Jatim akan melahirkan atlet-atlet berbakat dan lebih profesional (mca/dnv).

eks bupati ngawiketua perbasasi jatimperbasasi jatim