Eugene Polley: Penemu Remote Control

Penemu remote control tanpa kabel Eugene Polley (kaskus)

INDONESIAONLINE – Kenalkah Anda dengan Eugene Polley? Seorang insinyur dan manajer teknik di Zenith Electronic. Mungkin, banyak yang tidak mengetahuinya bahwa melalui ide Polley lah, televisi di rumah Anda menjadi mudah untuk dioperasikan melalui pengendali jarak jauh yang kita sebut remote.

Dilansir dari www.wikipedia.org remote control awalnya diciptakan sekitar 1950. Namanya adalah Lazy Bone. Remote control ini sayangnya memunculkan banyak kesulitan. Misalnya, kabel tebal remote yang dikaitkan ke televisi, rentan rusak dan membuat orang bisa tersandung membuatnya ditinggalkan.

Berbagai kesulitan dan keribetan itulah yang membuat Polley menyempurnakannya. Remote control tanpa kabel pun lahir tahun 1955 dan dinamakan Flash-Matic. Bentuknya mirip hair dryer namun ada juga yang menyebutnya mirip dengan pistol. Remote ciptaan Polley mengarahkan sinar yang terlihat oleh mata.

Sinar tersebut dapat mengaktifkan empat tombol pada televisi, termasuk mengganti tampilan layar TV, mengecilkan suara atau mengganti channel pada TV. Remote di masa ini masih sangat jauh dari sempurna, maka ketika remote terkena paparan sinar lain akan tidak berfungsi sempurna.

Flash-Matic bekerja dengan cara memancarkan cahaya ke arah photo cell yang ada di setiap sudut layar televisi. Masing-masing sudut memiliki fungsi sendiri-sendiri, seperti mematikan suara; mematikan tampilan visual, atau mengubah saluran televisi.

Dari sebuah wawancaranya dengan harian Baltimore Sun, 2000 lalu, Polley mengatakan, ciptaannya itu membuatnya merasa bahwa hidupnya tidak sia-sia. Karena dia mampu membuat penemuan yang bermanfaat bagi manusia, seperti seorang penemu yang menciptakan toilet yang dapat menyiram sendiri.

Penghargaan untuk Polley

Melalui ciptaannya itu Polley bersama Robert Adler memenangi Technology & Engineering Emmy Award 1996–1997 sebagai “Perintis Pengembangan Pengendali Jarak Jauh Nirkabel untuk Televisi Konsumen”.

Tak berhenti di situ, Polley juga menerima IEEE Consumer Electronics Award untuk kontribusi dalam teknologi remote control nirkabel untuk televisi dan produk elektronik konsumen lainnya, 2009.

Sampai akhir hayatnya, pria kelahiran Chicago 29 November 1915 ini selalu bangga pada remote control buatannya. Eugene Polley meninggal di Advocate Good Samaritan Hospital di Downers Grove, Chicago, 20 Mei 2012.

(ina/dnv).

eugene polleypenemu remote controlsejarah remote tv