Golkar Tunjuk Gus Haris Jadi Cabup Probolinggo 2024

Ketum Golkar Airlangga Hartanto memberikan sprin penunjukkan untuk Gus Haris jadi Cabup Probolinggo di pilkada 2024

INDONESIAONLINE – Partai Golkar telah memberikan mandat dan penunjukkan kepada Muhammad Haris atau Gus Haris untuk maju dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) 2024 menjadi calon bupati (cabup) Probolinggo, Jawa Timur.

Penunjukan Gus Haris sebagai cabup Probolinggo dituangkan dalam Sprin-703/DPP/Golkar/XI/2023 yang secara langsung diserahkan Ketum Golkar Airlangga Hartanto di acara Konsolidasi Partai Golkar dalam Rangka Pemilu 2024 di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (22/12/2023) kemarin.

Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Jatim M. Misbakhun mengatakan, keputusan Airlangga menunjuk Gus Haris sebagai cabup Probolinggo akan berpengaruh pada suara Golkar di Pemilu 2024 Jatim.

“Gus Haris merupakan figur penting sebagai salah satu ahli waris Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong yang memiliki sejarah panjang dengan Partai Golkar sejak periode 1980-an,” ucap Misbakhun.

Anggota DPR dari Dapil II Jatim yang meliputi Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Kota Probolinggo, dan Kabupaten Probolinggo itu menjelaskan pengasuh Pesantren Zainul Hasan Genggong mendiang K.H. Saifourridzal pernah menjadi anggota MPR RI dari Golkar.

Menurutnya juga, pesantren ternama itu turut membesarkan Golkar di wilayah Probolinggo.

Anggota Komisi XI DPR itu menyebut Kabupaten Probolinggo membutuhkan figur bupati yang bisa diterima semua kalangan. Misbakhun menegaskan bupati Probolinggo juga harus tokoh berwibawa  yang dihormati masyarakat.

“Gus Haris adalah sosok yang mempunyai nilai ketokohan kuat di lingkungan warga NU sehingga itu sebagai modal sosial dan modal politik yang kuat. Apalagi dengan kombinasi nilai intelektual yang membuat beliau sebagai seorang dokter dan memainkan peran posisi sebagai pendidik di pondok pesantren modern,” tutur Misbakhun.

Selain itu, Misbakhun juga mengatakan surat dari Airlangga tersebut juga berisi perintah bagi mesin politik Golkar di Kabupaten Probolinggo untuk bergerak dengan kerja-kerja cerdas.

“Pelaksanaan perintah ini merupakan bagian dari evaluasi Partai Golkar dalam penetapan calon kepala daerah di Pilkada 2024,” pungkas Misbakhun (rw/dnv).

cabup probolinggogolkargus harispilkada jatim 2024