Ini Aturan Offside Terbaru yang Akan Diuji Coba FIFA

Aturan baru soal offside yang akan diujicobakan oleh FIFA.

INDONESIAONLINE –  Aturan offside terbaru dalam.sepak bola tengah digodok FIFA. Induk sepak bola dunia itu akan segera melakukan uji coba aturan offside terbaru yang merupakan usul mantan pelatih Arsenal Arsene Wenger tersebut.

Wenger  kini bekerja sebagai kepala pengembangan sepak bola global FIFA selama empat tahun terakhir setelah meninggalkan The Gunners pada 2018.

Aturan terbaru yang akan diterapkan adalah pemain yang 100 persen melewati garis pertahanan baru dinyatakan offside. Atau artinya, jika aturan ini diterapkan, tidak akan ada lagi kejadian offside yang dipicu hidung, kaki, atau lengan pemain yang mendahului pemain bertahan terakhir lawan.

“Proposal Wenger akan mengubah seluruh tubuh pemain yang mencetak gol. Artinya, jika ada bagian tubuh yang berada di belakang bek terakhir, penyerang akan tetap berada di samping,” tulis laporan Mirror.

Sontak kabar itu pun membuat para penyerang merasa bersemangat, mengingat keuntungan besar saat ingin kabur dari belakang lawan. Namun bagi pemain yang berposisi bek, tentu tidak mudah  menarik garis offside untuk 100 persen badan lawan.

Lebih lanjut, perubahan aturan ini akan diterapkan pertama dalam masa percobaan di Belanda, Swedia, dan Italia (kompetisi U-21 putra dan U-19 putri).

Mirror juga melaporkan, striker Timnas Inggris Harry Kane  bakal menyambut positif adanya perubahan aturan tersebut.  “Harry Kane pasti akan setuju dengan perubahan undang-undang baru,” tulis Mirror.

Lebih lanjut, Mirror menjelaskan bahwa regulasi baru offside ini akan menjadi sorotan perangkat pertandingan, termasuk asisten wasit yang bertugas sebagai VAR. Mereka harus lebih jeli melihat bagian tubuh pemain penyerang dan bertahan dalam pertandingan. (bn/hel)

Aturan offsideFIFAoffsideSepak bola