Ketua Umum Airlangga Sebut Partai Golkar Masih Partai Pemenang Terbanyak Pemilu di Indonesia 

INDONESIAONLINE – Ketua Umum DPP Partai Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartarto menyebut, Partai Golkar telah mengikuti pemilihan umum (pemilu) lebih dari 10 kali. Dari jumlah keikutsertaan tersebut, Airlangga menyebut Partai Golkar masih jadi pemenang. 

“Partai Golkar sudah ikut pemilu, sudah lebih dari 10 kali dan Pemilu di Indonesia sudah berjalan 13 kali. Tentu dari jumlah pemilu itu, jumlah yang dapat bintang, artinya menang, terbanyak masih Partai Golkar,” ungkap Airlangga usai mendaftarkan Partai Golkar sebagai pesertai Pemilu 2024 di Kantor KPU RI, Rabu (10/8/2022). 

Airlangga hadir di Kantor KPU RI didampingi oleh jajaran pengurus dan kader Partai Golkar. Dia juga dibarengi dengan daftarnya Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sebagai peserta Pemilu 2024. 

Pihaknya menambahkan, terkait pendaftaran peserta Pemilu 2024, Partai Golkar telah memenuhi seluruh berkas dokumen yang dibutuhkan KPU. Airlangga memastikan bahwa seluruh kadernya akan menjadikan Pemilu 2024 berjalan jujur dan adil. 

Politisi yang juga menjabat sebagai menteri koordinator bidang perekonomian RI ini terus berupaya agar pesta demokrasi tersebut dapat berjalan dengan jujur dan adil. 

Airlangga juga telah menginstruksikan seluruh kadernya yang menjabat sebagai kepala daerah dan anggota DPR RI untuk menyukseskan Pemilu 2024. Termasuk untuk mendorong agar anggaran yang dibutuhkan KPU segera cair sepenuhnya. 

“Jadi, kalau dukungan, Golkar pasti dukung, karena kita ingin pesta demokrasi berjalan baik dan lancar. Kemudian tentunya kita mendukung KPU yang independen, tidak diintervensi dan adil dalam pelayanan terbuka kepada masyarakat dan partai politik,” ujar Airlangga. 

Airlangga yang juga bertindak sebagai ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) juga telah melakukan koordinasi dengan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani terkait anggaran Pemilu 2024. Ia menjelaskan, kontestasi nasional tersebut merupakan salah satu prioritas pemerintah. 

“Bapak Presiden sudah sampaikan bahwa anggaran pemilu ini adalah prioritas dan sifatnya multiyears. Jadi, tidak hanya sekarang, tapi dari sekarang sampai 2024,” ungkap Airlangga. 

Untuk diketahui, hadirnya Partai Golkar bersama PAN dan PPP di Kantor KPU RI sekitar pukul 10.00 WIB secara bersamaan tadi memang telah disepakati oleh jajaran petinggi ketiga partai politik (parpol) untuk mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024 secara bersama-sama. Pasalnya, ketiganya saat ini tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). 

Ketum Airlangga mengatakan, pendaftaran bersama itu disebut tidak hanya membuktikan KIB tetap solid. Namun, kebersamaan KIB juga untuk memenuhi harapan masyarakat terkait semangat persatuan yang terus dikedepankan oleh KIB. 

Koalisi tiga parpol ini diharapkan konsisten memperjuangkan politik kebangsaan dan politik gagasan sekaligus menolak politik identitas. Partai Golkar, PAN, dan PPP mendukung penuh pelaksanaan Pemilu 2024 agar dapat terlaksana secara demokratis. 

“Mendorong pemerintah agar segera merealisasikan anggaran yang dibutuhkan agar semua tahapan, program dan agenda yang telah tersusun oleh penyelenggara pemilu dapat dilaksanakan sesuai jadwal,” tandas Airlangga. 

Sebagai informasi, ketiga parpol ini tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang hingga saat ini masih menjadi parpol pendukung pemerintahan di Kabinet Indonesia Maju masa kepemimpinan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin.