Khas Bumbu Petis, Rekomendasi Makanan Wajib saat Berkunjung ke Sidoarjo

INDONESIAONLINE – Kuliner khas petis merupakan makanan khas dan rekomendasi yang wajib dicoba saat berkunjung ke Sidoarjo. Memiliki petis yang khas, membuat kuliner Sidoarjo tidak jauh dari bahan campuran petis.

Sidoarjo yang dikenal dengan ciri khas petisnya ini dapat menjadi bahan dasar olahan berbagai masakan khas  di Sidoarjo. Di antaranya rujak cingur, lontong kupang, dan tahu Tek.

Berikut adalah tiga kuliner berbahan dasar “petis” yang wajib dicoba saat berkunjung dan berlibur ke Kabupaten Sidoarjo.

1. Lontong Kupang Pak Misari

Belum ke Sidoarjo kalau belum makan lontong kupang. Rekomendasi lontong kupang khas Sidoarjo yang enak dan nikmat kali ini adalah lontong kupang Pak Misari.

Beralamatkan di Jalan Mojopahit, Sidokare, Sidoarjo, lontong kupang Pak Misari cukup legendaris di Sidoarjo. Berdiri sejak tahun 1993 hingga sekarang. 

Cita-rasa sambal petis yang masih dibuat oleh Pak Misari jadi idaman para pecinta kuliner saat jam makan siang tiba.

Buka pukul 09.00-17.00 WIB, kupang lontong Pak Misari tak pernah sepi pengunjung. Saat  datang waktu jam makan siang, kalian bahkan harus rela antre untuk mendapatkan seporsi lontong kupang lengkap dengan sate kerangnya. Seporsi hanya Rp 15 ribu saja.

2. Rujak Cingur Tanggulangin

Rujak cingur Tanggulangin menjadi jujukan pecinta kuliner yang ada di Sidoarjo. Sudah mulai berjualan sejak tahun 1970-an, rujak cingur Tanggulangin menjadi primadona saat kalian mengunjungi Sidoarjo.

Beralamatkan di Jalan Wates Kedensari, Desa Kedensari, Tanggulangin, rujak cingur ini selalu menjadi tujuan masyarakat. Bahkan  banyak pejabat seperti Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa apabila berkunjung ke Kota Delta mampir ke rujak cingur Tanggulangin ini.

Selain cingur yang besar, bumbu petis yang diolah dengan kacang menjadi satu masakan yang enak disantap bersama dengan keluarga. Dengan harga Rp 20 ribu saja, kalian dapat menikmati gurih dan nikmatnya rujak cingur Tanggulangin yang legendaris ini.

3. Tahu Tek Cak Sodiq

Tahu telur atau yang biasa disebut dengan tahu tek Cak Shodiq menjadi makanan berbahan dasar petis yang juga sangat kondang dan legendaris di Sidoarjo.

Berdiri sejak 1976, tahu tek Cak Shodiq terkenal dengan porsinya yang “brutal”, jumbo, atau oversize. Berjualan di Jalan Wijayakusuma No 86, Sekardangan, Sidoarjo tepatnya di depan SD Negeri Sekardangan. Tahu tek Cak Shodiq wajib kalian cicipi ketika di Sidoarjo.

Buka pukul 15.00-21.00 WIB, makanan yang sangat cocok disantap malam hari ini menjadi salah satu makanan yang paling direkomendasikan oleh masyarakat Sidoarjo.

Sekali membuat bumbu tahu tek, kalian dapat melihat cobek berbentuk cekung besar yang penuh dengan bumbu untuk 40 porsi sekaligus. Harganya relatif terjangkau, hanya Rp 12 ribu. 

BerkunjungBumbuKhasMakananPetisRekomendasisaatSidoarjoWajib