KPU Pastikan Debat Capres Terakhir Tetap Dihadiri Penonton

Pasangan capres-cawapres dan nomor urut.

INDONESIAONLINE -Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari memastikan debat kelima atau terakhir Pilpres 2024 akan tetap dihadiri pendukung masing-masing calon presiden dan calon wakil presiden.

Hasyim mengatakan, perdebatan final  tetap sesuai aturan awal. Tim pasangan calon diberi kesempatan untuk membawa tim pendukung sebanyak 75 orang.

“Format debatnya, termasuk penyelenggaranya, sudah diperbaiki. Pendukung masing-masing calom masih 75 orang. Jadi, tetap sama,” kata Hasyim di Hotel Merlynn, Jakarta Pusat, Kamis (25/1).

KPU sempat membahas debat final tanpa kehadiran penonton di lokasi setelah mendapat catatan dari Bawaslu. Dalam catatannya, Bawaslu menyatakan kehadiran debat cawapres pada 21 Januari lalu masih tidak tertib dan mengganggu konsentrasi calon.

Menurut Hasyim, KPU akan menggunakan catatan Bawaslu sebagai bahan perbaikan.

KPU sudah empat kali menggelar debat Pilpres 2024. Debat pertama (calon presiden) berlangsung di Kantor KPU, Jakarta, pada 12 Desember 2023. Debat kedua (calon wakil presiden) digelardi Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta pada 22 Desember 2023.

Kemudian debat ketiga (calon presiden) diadakan di Istora Senayan, Jakarta, pada 7 Januari 2024. Dan debat keempat (calon wakil presiden) dihelat di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, pada 21 Januari 2024.

Sedangkan debat terakhir atau debat kelima akan berlangsung Minggu 4 Februari 2024. (red/hel)

 

calon presiden 2024Debat Pilpres 2024debat presidenKPUPemilu 2024Pilpres 2024