Larang Nobar, Kata BoikotMNC Trending X

larangan nobar yang dikeluarkan MNC Group berkaitan dengan hak siar

INDONESIAONLINE – Rasa kecewa netizen terhadap keputusan MNC group yang melarang aksi nonton bareng atau nobar final Timnas Indonesia di AFC Asian Cup U-23 terus diluapkan.

Menyusul keputusan larangan nobar itu, kini tagar BoikotMNC trending X pada Minggu, (28/4/2024) sore. Netizen secara bersama-sama meluapkan rasa kecewanya dalam sebuah cuitan yang berujung permintaan untuk memboikot MNC group.

Melansir Wikipedia, boikot merupakan tindakan untuk tidak menggunakan, membeli, atau berurusan dengan seseorang atau suatu organisasi sebagai wujud protes atau sebagai suatu bentuk pemaksaan.

“Larang penyelenggaraan nobar tanpa izin resmi sangat disayangkan oleh masyarakat, banyak fans garuda kecewa karena merasa kehilangan kesempatan berkumpul dan mendukung bersama-sama! #BoikotMNC,”. Cuit @itsme_gitt.

“semenjak timnas menang terus, banyak masyarakat ngadain nobar, ya semua itu karena antusiasme mereka kepada timnas sangat tinggi, eh sekarang lagi rame nobar gak boleh sama mnc, tegang banget sampe ancem pidana, masyarakat jadi kecewa tuh  #BoikotMNC,” cuit @Arti_SebuahRasa.

“soal hak siar yang sudah beredar ini, padahal kan ini salah satu hiburan untuk rakyat juga loh, kenapa dilarang nobar padahal tidak semua masyarakat bisa menyaksikan di tv karena berbayar, ini sih yang bikin kita kecewa padahal udah semangat dukung tim garuda kita #BoikotMNC,” cuit @girlsteutics.

Terkait dengan demo online boikot MNC ini, pihak MNC sendiri masih bungkam dan belum meluruskan ultimatum yang sebelumnya diumumkan.

Diketahui sebelumnya MNC mengeluarkan ultimatum pelarangan pihak lain untuk menyiarkan hingga nobar yang berkaitan dengan AFC Asian Cup U-23. Berikut bunyi lengkap pengumuman pelarangan nobar dari MNC:

“ Pengumuman Hak Eksklusif MNC Grup AFC U-23 Asian Cup 2024.

MNC Group, selaku pemegang hak eksklusif, dengan ini menyatakan hal-hal sebagai berikut:

1. Bahwa MNC Group adalah satu-satunya pemegang eksklusif lisensi MEDIA RIGHTS dan official broadcaster dari AFC U-23 Asian Cup 2024™ di wilayah Negara Republik Indonesia.

2. Bahwa hanya MNC Group dan/atau Asian Football Confederation (“AFC”) yang mempunyai hak untuk menggunakan dan/atau mengasosiasikan lambang/logonya bersama dengan lambang resmi, maskot, trophy AFC U-23 Asian Cup 2024™ di wilayah Negara Republik Indonesia.

Berdasarkan hal-hal tersebut di atas, maka Tanpa Persetujuan dari MNC GROUP, kepada pihak manapun juga DILARANG:

Menggunakan dan atau mengasosiasikan lambang dan logo bersama dengan kata-kata/tulisan, lambang, emblem, logo, maskot, nama kompetisi, trophy resmi AFC U-23 Asian Cup 2024

• Menyiarkan dan atau mendistribusikan siaran AFC CUP 2024

• Memproduksi dan atau mengadakan kegiatan, termasuk program acara, kompetisi dan atau promosi dalam bentuk apapun dan melalui media apapun, seperti program undian, SMS, kuis, games, poling, yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan AFC U-23 Asian Cup 2024

• Menggunakan clip manapun copy dari semua penayangan pertandingan AFC U-23 Asian Cup 2024, baik secara langsung (live) maupun siaran ulang (re-run)

• Membuat berita atau artikel dengan kata-kata/tulisan, lambang, emblem, logo, maskot, trophy resmi AFC U-23 Asian Cup 2024, (competition marks and competition name) yang dalam format/lay-out yang memberi kesana didukung, dipersembahkan atau disponsori oleh sponsor-sponsor selain sponsor resmi AFC di wilayah Negara Republik Indonesia

• Menyelenggarakan kegiatan on air, kegiatan off air, termasuk nonton bareng

• Promo media cetak, digital media, billboard dengan asosiasi iklan. Pengumuman Resmi MNC Grup Photo : Instagram Okezonecom Bahwa pelanggan terhadap larangan-larangan tersebut di atas diancam dengan sanksi pidana dan denda sesuai perundang-undangan yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bahwa pelanggaran terhadap larangan-larangan tersebut di atas diancam dengan sanksi pidana dan denda sesuai Undang-Undang yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia.”

Profil MNC Group

Melansir lama resmi MNC, PT MNC Asia Holding Tbk atau MNC Group didirikan pada tahun 1989 sebagai perusahaan sekuritas dan tercatat di BEI pada tahun 1997. MNC Group berekspansi ke bidang media pada tahun 2001 dan resmi memasuki bidang perhotelan hiburan pada tahun 2007. Pada tahun 2022, MNC Group memperkuat pilar bisnis keempatnya, sektor energi.

Saat ini, MNC Group adalah grup investasi terkemuka di Indonesia dengan 4 bisnis strategis: Media & Hiburan, Jasa Keuangan, Hiburan Perhotelan dan Energi. Visi MNC Group adalah menjadi pilar penting bagi pertumbuhan ekonomi nasional dan pemimpin dalam pembangunan terkait teknologi.

boikot mnclarnagan nobarmnc groupNobar