Kesehatan

Lihat Tanaman Hijau di Alam Bisa Bunuh Sel Kanker

30

INDONESIAONLINE – Melihat tanaman hijau di alam sering disebut-sebut memiliki berbagai manfaat kesehatan. Namun, belakangan ini ramai disebutkan bahwa melihat tanaman hijau dapat membantu membunuh sel kanker. Benarkah klaim tersebut?

Dokter umum di GWS Medika dr Bandoro MD mengatakan, melihat alam atau tanaman hijau-hijauan bisa membantu  membunuh sel kanker, meningkatkan imun, hingga menurunkan tingkat stres. Hal ini berhubungan dengan senyawa aromatik bernama phytoncide.

banner 300x600

“Jadi, saat kita jalan di tempat yang banyak pohonnya alias ruang terbuka hijau, secara tidak langsung kita menghirup senyawa phytoncide ini, yang diproduksi tanaman untuk perlindungan diri sendiri dari bakteri jamur penyakit lainnya,” jelas Bandoro, melalui akun Instagram pribadinya: @bandoromd.

Bandoro menjelaskan sebuah riset terbaru yang menunjukkan senyawa aromatik yang bernama phytoncide bisa meningkatkan sel imun bernama natural killer cells. Sel imun tersebut berperan membunuh sel abnormal di badan. Termasuk sel tumor dan sel yang terinfeksi virus.

“Riset juga menemukan kalau mereka yang berjalan di ruang terbuka hijau berhasil mengalami penurunan hormon stres yang signifikan, dibanding mereka yang jalan di situasi perkotaan. Bahkan efek ini bisa dirasakan hingga berhari-hari setelahnya,” ujarnya.

“Jadi, pesan moralnya adalah banyakin lihat tanaman yang hijau-hijau setiap ada waktu. Baik itu pas olahraga, nongkrong, bahkan pas ngedate,” ungkap Bandoro.

Riset serupa juga dilakukan oleh ilmuwan dari Northwestern University Feinberg School of Medicine, Amerika Serikat, di jurnal Science Advances pada 28 Juni 2023. Hasil riset tersebut menunjukkan bahwa tinggal di dekat ruang hijau, seperti taman dan area dengan banyak tanaman, ternyata dapat memperlambat penuaan tubuh. (bin/hel)

Exit mobile version