Lisensi Dicabut, Miss Universe Indonesia Tak Bisa Ikut Miss Universe?

Miss Universe Indonesia 2023 Fabienne Nicole

INDONESIAONLINE – Gelar Miss Universe Indonesia 2023 sudah dipegang Fabienne Nicole. Fabienne memenangi gelar itu dalam kontes Miss Universe Indonesia 2023 pada  3 Agustus lalu.

Tetapi, setelah  memenangi kontes Miss Universe Indonesia, bisakah Fabienne mengikuti kontes dunia Miss Universe? Pertanyaan itu mengemuka seiring tindakan tegas  Miss Universe Organization (MUO) terhadap pemegang lisensi Miss Universe Indonesia akibat dugaan tindakan pelecehan seksual yang dialami para finalis. Bahkan, masalah itu sudah dilaporkan ke poiisi.

Dalam laporan terkait, dijelaskan terjadi pelecehan seksual saat pemeriksaan tubuh (body checking) tanpa busana. Kegiatan itu pun terekam oleh kamera CCTV. Selain itu, ada beberapa pria yang ikut menyaksikan pemeriksaan tubuh tanpa busana itu.

“Miss Universe Organization telah memutuskan untuk mengakhiri relasi dengan pemegang lisensi di Indonesia, yakni PT Capella Swastika Karya dan National Director Poppy Capella,” demikian pernyataan MUO yang diunggah di Instagram Stories @missuniverse, Sabtu (12/8/2023).

Pencabutan lisensi itu tentu berdampak langsung pada status Fabianne. Apalagi perempuan kelahiran Desember 1999 itu akan mengikuti ajang kompetisi dunia Miss Universe.

Namun, meski telah mencabut lisensi dari PT Capella Swastika Raya, MUO akan mengusahakan Fabienne bisa tetap berkompetisi di ajang internasional. Dalam rilisnya, keikutsertaan Fabienne akan diatur kemudian.

“Kami akan mengatur pemegang gelar Indonesia untuk bersaing di kontes Miss Universe tahun ini,” lanjut keterangan MUO tersebut. (red/hel)

 

lisensi Miss UniverseMiss Universemiss universe indonesia