Mulai 3 Januari Kawah Ijen Ditutup, Ini Kata BBKSDA Jatim

TWA Kawah Ijen sementara ditutup dari tanggal 3 Januari 2024 (bondowosotourism)

INDONESIAONLINE – Bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen, perlu mencermati informasi yang dilansir Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur (Jatim).

Pasalnya, TWA Kawah Ijen sementara ditutup mulai 3 Januari 2024 hingga batas waktu yang tidak ditentukan. Penutupan TWA Kawah Ijen itu dilakukan dalam rangka evaluasi kunjungan wisata.

Pemberitahuan Penutupan Kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen telah dikeluarkan BBKSDA Jatim melalui surat edaran bernomor SE 01/K2/Bidtek.1/KSA/01/2024, seperti dikutip dari Instagram @bbksda_jatim_official, Selasa (2/1/2024).

Surat edaran yang berisi informasi penutupan TWA Kawah ijen mulai Rabu, 3 Januari 2024. (Foto: BBKSDA Jawa Timur) 

“Bahwa Kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen terletak di Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi yang mempunyai fungsi salah satunya adalah untuk kegiatan pariwisata dan rekreasi alam,” demikian isi pembukaan surat yang diterima detikJatim, Selasa (2/1/2024).

Dalam surat yang ditandatangani Ketua BBKSDA Jatim Nur Patria Kurniawan itu juga dijelaskan bahwa alasan Kawah Ijen ditutup dalam rangka evaluasi kunjungan wisata. Sementara itu, pada paragraf berikutnya dalam surat untuk masyarakat atau pengunjung juga dijelaskan bahwa BBKSDA Jatim menutup sementara Kawah Ijen sampai batas waktu yang belum ditentukan.

“Dalam rangka evaluasi kegiatan kunjungan wisata alam selama tahun 2023 dan persiapan untuk kegiatan kunjungan wisata alam tahun 2024, maka dilakukan penutupan sementara kegiatan kunjungan wisata di Kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Kewah Ijen mulai tanggal 3 Januari 2024 sampai batas waktu yang tidak ditentukan,” demikian isi surat tersebut.

Surat edaran penutupan Kawah Ijen itu dibuat dan ditandatangani pada 2 Januari 2024. BBKSDA Jatim berharap surat itu menjadi perhatian masyarakat dan pihak pihak terkait.

Diketahui, Kawah Ijen merupakan salah satu destinasi wisata andalan yang dimiliki Kabupaten Banyuwangi.  Kawah yang mempunyai pesona api biru atau blue fire itu, setiap harinya dikunjungi ratusan wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Melansir Wikipedia, fenomena eternal blue fire atau api biru abadi yang berada di dalam kawah Ijen hanya terjadi di dua tempat di dunia yaitu Etiopia (gunung Dallol) dan Gunung Ijen. Adapun saat ini kawasan Kawah Ijen masuk dalam jaringan geopark Internasional, bersama destinasi wisata lainya, seperti Taman Nasional Alas Purwo (bn/dnv).

kawah ijen ditutuptwa kawah ijen