Muncul Tornado Api dalam Kebakaran Gunung Bromo

Tornado api yang muncul dalam kebakaran di Gunung Bromo.

INDONESIAONLINE – Kebakaran di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), tepatnya di Bukit Teletubbies, yang terjadi sejak Rabu (6/9/2023) terus meluas. Bahkan kebakaran tersebut memunculkan tornado hingga sempat viral di media sosial.

Salah satu video tornado dibagikan oleh akun X (Twitter) @calllmetod. Dalam video berdurasi 13 detik yang diunggah, tampak api berkobar sangat besar membakar lahan kawasan TNBTS. Api pun berkobar cukup tinggi hingga menutupi langit.

Lantas di antara kobaran api tersebut terdapat kepulan asap berwarna hitam yang berputar membentuk tornado. Api tersebut berputar sangat tinggi dan berjalan dengan cepat.

Tampak juga beberapa relawan dan petugas pemadam api di TNBTS mengeluarkan simbol menyerah dengan menaruh tangan di leher dan angkat tangan.   “Savana bromo sore hari ini semoga cepat padam,” ungkap akun tersebut pada Minggu (10/9/2023) sore.

Sementara di video lainnya, tampak petugas pemadam api di TNBTS juga melakukan upaya water bombing menggunakan helikopter. Air untuk kebutuhan water bombing diambil dari Embung Suko, Tumpang.

Berbagai unggahan tentang kebakaran savana Bromo yang terus meluas itu pun menuai beragam komentar warganet. Banyak warganet yang turut berdoa agar Bromo lekas pulih.

“Semoga cepet hujan dan cepet padam yaAllah ngeri bgt…,” kata @bittercaffei***.

“Ya Allah bromo, semoga cepat padam,” ujar @valiii***.

“Ya Allah parah bgt, pelaku selain ditangkap dimintain duit ganti rugi jg gasi,” ungkap @anze****.

Sebagaimana diberitakan, akibat api yang terus meluas di Savana Bromo, TNBTS menutup semua akses ke kawasan taman nasional untuk memadamkan kobaran api, mulai Minggu (10/9/2023) pukul 19.00 WIB sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Penutupan itu dilakukan sebagaimana disampaikan Kepala Bagian Tata Usaha BB TNBTS Septi Eka Wardhani dalam keterangan resmi. Septi mengatakan, penutupan seluruh akses menuju kawasan taman nasional merupakan upaya dari BB TNBTS untuk memperlancar proses pemadaman api yang membakar hutan dan lahan di kawasan TNBTS.

“Untuk kelancaran proses pemadaman dan memperhatikan keamanan pengunjung, maka seluruh akses menuju dan/atau melintas melalui taman nasional ditutup secara total,” ujar Septi, Minggu (10/9/2023) malam.

Septi menjelaskan,  setidaknya seluruh akses masuk dari empat daerah menuju taman nasional sudah dilakukan penutupan secara total. Yakni di Coban Trisula, Kabupaten Malang; Wonokitri, Kabupaten Pasuruan; Cemorolawang, Kabupaten Probolinggo; serta Senduro, Kabupaten Lumajang. (bin/hel)

Bromo Tengger SemeruKebakaran Bromokebakaran hutanKebakaran hutan Bromo