Politik

Pilkada Jatim 2024, Golkar-Gerindra Lanjutkan Koalisi Indonesia Maju (KIM)

25

INDONESIAONLINE – Koalisi Indonesia Maju (KIM) antara Partai Gerindra dan Partai Golkar terus berlanjut usai gelaran Pilpres. Kini, kedua partai tersebut siap menghadapi pemilihan kepala daerah di berbagai tingkatan, mulai dari provinsi, kabupaten, hingga kota di Jawa Timur.

Pengurus kedua partai ini bertemu saat DPD Partai Golkar Jatim bersilaturahmi ke Kantor DPD Partai Gerindra Jatim pada Sabtu (25/5/2024) malam kemarin. Pertemuan ini membahas sejumlah kerja sama, termasuk persiapan Pilwali Surabaya 2024.

Ketua DPD Golkar Jatim, M. Sarmuji, menyampaikan bahwa pihaknya telah menyiapkan nama Bayu Airlangga sebagai calon untuk Pilwali Surabaya. Sarmuji mengapresiasi antusiasme Gerindra yang turut melirik Bayu Airlangga untuk diusung pada Pilwali Surabaya 2024. Saat ini, Bayu menjabat sebagai Wakil Ketua Golkar Jatim serta Ketua Pro Jokowi (Projo) Jatim.

“Jika memungkinkan berdasarkan kajian masing-masing, kami akan berjalan bersama Gerindra. Ini politik dinamis, kami memiliki perhitungan masing-masing dan pastikan kerjasama ini saling menguntungkan. Namanya kerjasama jelas saling menguatkan dan saling menguntungkan, di mana itu terjadi pasti kami lakukan,” kata Sarmuji.

Sementara itu, Ketua DPD Gerindra Jatim, Anwar Sadad, merespons positif nama Bayu Airlangga yang masuk dalam bursa Cawali Kota Surabaya dari Golkar. Gus Sadad memastikan bahwa dirinya akan mendalami peluang Bayu Airlangga diusung oleh Gerindra dan Golkar secara khusus bersama Sarmuji.

“Surabaya sedang kami dalami, datanya akan kami berikan lengkap saat sudah waktunya,” jelas Sadad.

Untuk Pilkada di luar Surabaya, politikus yang akrab disapa Gus Sadad ini menyambut baik tawaran kerjasama Golkar untuk mengusung calon yang sama.

“Kami ingin saling mendukung dan mensupport. Kami memiliki tradisi dan basis yang sama dengan Golkar sehingga secara alami terbangun kesamaan pandangan dimulai dari Pilpres 2024. Kami ingin melanjutkan aura kemenangan Pilpres di tingkat provinsi kemudian di kabupaten dan kota,” jelas Gus Sadad.

“Saat ini, kami sedang mengkaji dengan Golkar daerah mana saja yang bisa berkoalisi. Kami melakukan mekanisme di DPC dan menyerap suara PAC untuk dijadikan acuan dalam mengusulkan siapa yang paling direkomendasikan sebagai calon kepala daerah,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua DPC Gerindra Surabaya, Cahyo Harjo Prakoso, menyebut bahwa nama Bayu Airlangga mendapat respons positif dari masyarakat. Apalagi, Cahyo baru saja bersilaturahmi dengan Pakde Karwo, yang merupakan orang tua dari Bayu Airlangga.

“Kami tadi bersilaturahmi dengan Pakde Karwo dan di situ ada semangat yang sama, visi yang sama, serta cita-cita yang sama untuk mendorong calon bersama-sama. Namun, untuk teknisnya, kami di DPC menunggu petunjuk dari DPP, DPD Gerindra Jatim, serta partai koalisi calon,” jelasnya (mbm/dnv).

Exit mobile version