PKB Kota Blitar Daftarkan 25 Bacaleg ke KPU, Yasin Targetkan 7 Kursi DPRD

PKB Kota Blitar Daftarkan 25 Bacaleg ke KPU, Yasin Targetkan 7 Kursi DPRD

INDONESIAONLINE-Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Blitar menatap Pemilu 2024 dengan semangat dan penuh optimisme. Terkini dilaporkan DPC PKB Kota Blitar resmi mendaftarkan 25 Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) ke Kantor KPU Kota Blitar, Sabtu (13/5/2023).

Pantauan INDONESIAONLINE, pendaftaran bacaleg ini dipimpin langsung oleh Ketua DPC PKB Kota Blitar Yasin Hermanto. Rombongan DPC PKB Kota Blitar tiba di kantor KPU sekitar pukul 13.30 WIB dan mulai proses pendaftaran bacaleg sekitar pukul14.00 WIB. Dalam kesempatan nampak beberapa anggota DPRD Kota Blitar ikut bersama rombongan DPC PKB, diantaranya Totok Sugiarto, Elly Idayah Vitnawati dan Adi Santoso.

Dalam rombongan ini juga ikut serta beberapa bacaleg muka baru. Satu diantaranya nama yang sudah sangat populer di kalangan masyarakat Blitar  yakni AKP (Purn) Yudarso, purnawirawan Polri yang pernah menjabat Kasat Lantas Polres Blitar Kota dan Kasat Lantas Polres Blitar.

Saat diwawancarai awak media, Ketua  DPC PKB Kota Blitar Yasin Hermanto menyampaikan, pihaknya pemberkasan bacaleg diterima KPU Kota Blitar dan selesai pukul 14.15 WIB. Pihaknya memastikan pemberkasan  berjalan lancar dan tidak menemui kendala apapun.

“Insyaalah pemberkasan bacaleg dari DPC PKB Kota Blitar sudah clear, sudah beres, tidak ada kendala,” kata Yasin.

Yasin menambahkan, pendaftaran bacaleg ini PKB Kota Blitar mendaftarkan 25 bacaleg untuk tiga dapil di Kota Blitar. Bicara mengenai target, PKB mentargetkan 7 kursi untuk anggota DPRD Kota Blitar di Pemilu 2024. Sebelumnya di Pemilu 2019, PKB memperoleh 4 kursi DPRD Kota Blitar.

”Kita daftarkan 25 bacaleg untuk tiga dapil di Kota Blitar, komposisinya 9-9-7. Dan target kursi kita naik, kita targetkan bisa meraih 7 kursi. Kita ada 4 incumbent anggota dewan dan hukumnya wajib harus menang lagi dan harus menggendong satu-satu, harusnya 8 tapi ini kita tidak muluk-muluk target kita 7 kursi sudah bagus,” jelas mantan Wakil Ketua DPRD Kota Blitar.

Di pemilu 2024 nanti Yasin Hermanto merupakan nama populer yang masuk dalam bursa pemilihan wali kota dan wakil wali kota Blitar. Ditanya mengenai kesiapanya majul dalam pilkada, Yasin dengan tegas menyatakan untuk saat ini dirinya ikut perintah partai dan ikut serta dalam pendaftaran bacaleg untuk kursi DPRD Kota  Blitar.

“Karena saya ketua DPC saya mendapatkan amanah untuk membesarkan PKB di Kota Blitar. Dan saya maju lagi dalam pencalegan untuk kursi DPRD Kota Blitar,” tegasnya.

Sebagai informasi, PKB melakukan pendaftaran bacaleg di seluruh Indonesia pada Sabtu (13/5/2023) tepat pukul 14.00 WIB. Pendaftaran bacaleg serentak ini sesuai dengan instruksi dari Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Di kesempatan yang sama, Ketua KPU Kota Blitar Choirul Umam menjelaskan, hari Sabtu ini sebenarnya direncanakan ada empat parpol yang akan mendaftarkan bacalegnya ke KPU Kota Blitar. Keempat parpol itu masing-masing Gerindra, PKB, PBB dan PKN. Namun pada akhirnya yang pasti mendaftar bacaleg hanya ada dua parpol yakni Gerindra dan PKB.

“PBB akhirnya bergeser besuk dan kemudian PKN juga besuk. Jadi hari ini yang daftar adalah Gerindra dan PKB,” terang Umam.

Lebih lanjut Umam menyampaikan, total hingga saat ini ada 8 parpol di Kota Blitar yang telah mendaftarkan bacalegnya. “Total sudah 8 parpol. Secara keseluruhan masih kurang 10 parpol yang belum mendaftarkan bacalegnya. Nah, besuk ini hari Minggu kelihatanya akan padat, jadi kita akan lakukan antisipasi,” pungkasnya.