Tradisi Pemakaman Mayat Unik di Dunia

INDONESIATIMES – Dunia punya beragam cara untuk menguburkan mayat. Termasuk prosesinya. Dirangkum indonesiaonline.com, ada beragam prosesi di belahan dunia yang uni, termasuk di Indonesia.
Berikut ragam prosesi pemakaman di belahan dunia yang unik:

Mayat Kendarai Motor di Ghana.

Dalam sebuah video yang saat ini viral di media sosial terdapat sebuah proses pemakaman yang unik bahkan terbilang di luar nalar.

Dalam proses pemakaman itu jenazah akan dibuat mengendarai sebuah cator atau motor tiga roda menuju ke pemakamannya. Hal itu terjadi di Negara Ghana.

Negara Ghana merupakan sebuah negara yang kaya akan warisan budaya dan tradisi, memiliki praktik pemakaman yang unik dan berbeda dari kebanyakan budaya di dunia.

Dilansir dari unggahan akun Instagram @sedangviral_id, terlihat seorang mayat pria ‘dipaksa’ mengendarai Ababoya (bahasa Ghana;sepeda motor roda tiga) ke pemakamannya.

Mayat pria yang memakai sebuah baju one set terlihat duduk di kursi pengemudi.

Mayat tersebut terlihat dikawal oleh sekelmpok orang yang membantunya mengendarai motor yang ia bawa.

Dilihat dalam keterangan video, motor itu akan dibawa menuju kuburan dari pria itu sendiri.

“Unik tapi nyata Pemakaman di ghana sangat di luar nalar, pasalnya jenazah dibuat mengendarai motor sendiri menuju kuburannya,” tulis keterangan video, dikutip Rabu (9/8/2023).

Namun tidak dijelaskan alasan atau tujuan dari praktik tersebut dilakukan.

Meski demikian, video itu pun viral dan menuai beragam komentar dari warganet yang melihat video itu.

“The real “urus aja dirimu sendiri”, tulis @rania***.

“Di akhir hayatnya pun beliau harus capek,” tulis @a.za***.

“Udah mati pun suruh bawa motor sendiri ke kuburan nya sendiri,” tulis @its_***.

Pemakaman Tana Toraja Indonesia

Indonesia merupakan negara besar yang memiliki banyak suku tersebar di berbagai wilayah. Salah satu tempat di Sulawesi Selatan yang memiliki pemakaman unik di dunia adalah Tana Toraja. Tingkat kunjungan wisatawan baik lokal hingga mancanegara terus bertambah yang menunjukkan antusiasme menyaksikan adat dan budaya di Tana Toraja.

Umumnya tradisi pemakaman dimasukkan dalam peti di tebing-tebing dengan proses mumifikasi. Ada prosesi adat Tau-tau atau karya seni dari patung yang menyerupai orang yang dimakamkan, Festival Ma’nene atau mendandani mayat dan digiring pulang ke tanah kelahiran, Bori Kalimbuang, Kambira dan Londa. Anda wajib menyaksikan langsung tradisi pemakaman unik di dunia yang memiliki bebatuan menhir megalitikum Bori Kalimbuang atau tempat Rante Kalimbuang digelar yang masuk daftar warisan UNESCO.

Menguliti mayat ala Suku Ifugao di Filipina

Pemakaman unik di dunia yang pernah ada berlokasi di Filipina. Suku Ifugao melakukan ritual meletakkan mayat yang telah dimandikan, ditutup mata dan diletakkan di dekat pintu rumah dalam posisi duduk. Masyarakat suku akan menyalakan api sebagai proses pengawetan mayat secara alami. Pasangan orang yang telah meninggal dilarang ikut serta dalam ritual tersebut.

Pada hari keempat si mayat meninggal, orang-orang akan mengambil mayat dan mengulitinya. Kulit sang mayat akan dikubur di bawah rumah sedangkan mayat bisa langsung dikubur atau menunggu waktu empat hari kemudian. Kulit sang mayat yang dikubur dipercaya bisa membantu kesuburan.

Kushinbutsu di Jepang

Pemakaman unik di dunia lain yang wajib Anda ketahui adalah cara mumifikasi para biksu atau biarawan Jepang. Tradisi Sokushinbutsu merupakan proses panjang nan keras yang mengantarkan para biksu menuju alam kematian. Para biksu yang hendak meninggal akan melakukan proses keras seperti diet kacang-kacangan dan buah, kehilangan cairan tubuh, melakukan aktivitas keras dan meracuni tubuh sendiri guna menghilangkan risiko tubuh diserang belatung.

Selanjutnya para biksu akan menunggu kematian di makam batu. Mereka akan membunyikan lonceng setiap hari sampai lonceng tersebut terhenti yang menandakan bahwa mereka tak lagi bernapas. Makam batu akan ditutup hingga kurun waktu seribu hari sebelum dibuka untuk proses verifikasi mumifikasi. (mut/yah)

cerita unikritual pemakamantana torajaUnik