Usai 20 Jam Tertutup Longsor, Akses Jalur Utama Malang-Kediri Dibuka

INDONESIAONLINE – Usai selama 20 jam tertutup timbunan longsor, akses jalur utama Kabupaten Malang-Kabupaten Kediri yang berada di Desa Sukomulyo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang dibuka. 

Setidaknya sejak Selasa (28/2/2023) pukul 17.30 WIB hingga Rabu (1/3/2023) pukul 14.00 WIB akses utama jalur Kabupaten Malang-Kabupaten Kediri tertutup akibat timbunan longsor. Namun, setelah 20 jam akses kembali dibuka. 

“Dalam artian arus ini sudah bisa dilalui, sepanjang tidak ada hujan, bisa dilalui kita terapkan buka tutup jalan,” ujar Camat Pujon Indra Gunawan kepada JatimTIMES.com, Rabu (1/3/2023). 

Pihaknya menyebutkan, jalur utama di wilayah Desa Sukomulyo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang akan kembali ditutup ketika cuaca buruk kembali terjadi, seperti hujan lebat disertai angin. 

“Sepanjang tidak ada hujan akan kita buka, tetapi kalau hujan akan kita tutup kembali,” kata Indra. 

Indra menjelaskan, bahwa bencana longsor di kawasan Desa Sukomulyo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang terjadi sejak Minggu (26/2/2023) sekitar pukul 20.00 WIB. “Sejak minggu malam itu longsor sekitar pukul 20.00 WIB, kemudian terjadi longsor susulan,” ujar Indra. 

Kemudian Senin (27/2/2023) pagi, lokasi longsor di Desa Sukomulyo, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang sudah bisa dilalui oleh kendaraan, baik mobil maupun sepeda motor. Namun, Senin (27/2/2023) malam longsor susulan kembali terjadi dan langsung dilakukan pembersihan hingga Rabu (1/3/2023) siang. 

“Habis itu malamnya longsor lagi, akhirnya dilakukan pembersihan oleh BPBD Kabupaten Malang, BPBD Provinsi Jatim sama PU Bina Marga Jatim sampai saat ini lalu lintas akhirnya  bisa dilalui oleh kendaraan,” pungkas Indra. 

AksesDibukaJalurJamLongsorMalangKediriTertutupUsaiUtama