Vina Muliana Klarifikasi Tudingan Masuk BUMN Dibantu Orang Dalam, Ternyata Ini Triknya

Tangkapan layar klarifikasi Vina Muliana, konten kreator TikTok. (Foto: Tiktok)

INDONESIAONLINE – Vina Muliana, konten kreator TikTok akhirnya memberi klarifikasi. Sebelumnya, sosoknya viral karena tudingan masuk BUMN karena bantuan orang dalam.

Sosok Vina Muliana cukup terkenal di kalangan anak muda, terutama pencari kerja. Wanita yang bekerja sebagai HRD di salah satu BUMN ini banyak memberi tips agar lolos aplikasi lowongan kerja.

Sempat bungkam, Vina akhirnya memberikan penjelasan soal tudingan miring yang sedang menimpa dirinya. Dia membantah berhasil bekerja di BUMN lewat jalur orang dalam.

Dalam video di akun TikTok @vnmuliana, Vina menguraikan proses perjuangannya bisa menjadi pegawai BUMN. Dia mengaku pada saat itu dirinya mengikuti seleksi BUMN via professional hire.

“Jadi ini yang lagi rame ya. Jadi gini, aku masuk BUMN waktu itu via professional hire,” ungkap Vina, Sabtu (9/9/2023).

Vina menyebut saat itu ada rekrutmen yang terbuka bagi kandidat yang sudah punya pengalaman kerja di bidang tertentu, biasanya lebih dari tiga tahun. Dia mendapat informasi lowongan kerja itu dari relasinya yang sudah lebih dulu bekerja di BUMN.

“Dan professional hire ini memang jalur resmi teman-teman, yang sampai sekarang masih bisa kamu temuin. Menurutku maksud “dibantu” yang tepat adalah memberi referensi dan informasi terkait loker yang ada kali ya,” urainya.

Butuh Proses

Mendapatkan informasi itu, Vina pun akhirnya melamar BUMN dan mengikuti berbagai tahapan yang ada hingga berhasil lolos.

“Aku coba lamar sesuai ketentuan. Aku juga ngikutin semua proses rekrutmen sesuai dengan prosedur dan peraturan perusahaan yang ada,” terangnya.

Setelah lolos rekrutmen, lanjutnya, Vina pun masih mengikuti proses on boarding, probation dan penilaian berkala. Setelah satu tahun, dia lulus dan jadi pegawai BUMN sampai sekarang.

Vina juga menyebut bahwa karirnya berawal dari nol. Posisinya sebagai HRD menuai kontroversi karena Vina merupakan lulusan S1 Pertanian.

“Aku memulai karir sebagai wartawan, kurang lebih 3,5 tahun di desk bisnis. Di situ tentu dapat relasi, yang ngasih informasi lowongan kerja itu,” jelasnya.

Setelah lolos, dia pun tidak langsung mendapat posisi di bidang HRD. Dia sebelumnya menjalani karir dua tahun di bagian humas.

“Jadi, butuh waktu sekitar 5 tahun untuk mencapai posisiku sekarang,” tegasnya.

Awal Mula Tudingan

Salah satu warganet dengan akun @kangnu*** mencuitkan kecurigaan atas Vina Muliana yang bisa bekerja di BUMN karena bantuan orang dalam.

“Padahal adik kita di UNPAD (Universitas Padjadjaran) ini masuk BUMN kan juga dibantu sama senior kita yang Dirut Holding BUMN,” tulis akun tersebut.

Meski belum ada konfirmasi benar atau tidak, Vina Muliana banjir cibiran dari warganet.

Sementara itu, Vina Muliana mengawali kariernya sebagai pemenang Abang None Jakarta pada tahun 2014. Saat ini ia menjabat sebagai Senior Associate MIND ID di bidang Human Capital.

BUMNHRDlowongan kerjaorang dalamVina Muliana