Wisata Kuliner Warung Makan di Atas Sungai

Wisata kuliner warung di atas sungai yang ada di Jawa Timur (visit seasia)
INDONESIAONLINE – Menikmati kuliner di warung makan merupakan hal yang lumrah. Namun bagaimana dengan warung di Jawa Timur yang berkonsep makan di sungai ini. Tentu saja menarik pengunjung karena memiliki konsep yang tidak biasa.

Mencicipi santapan lezat sambil menikmati air dingin akan menambah sensasi masakan. Selain wisata kuliner, pengunjung dimanjakan dengan pemandangan alam yang menyegarkan.

Berikut warung di Jawa Timur yang menawarkan sensasi makan di pinggir sungai.

1. Sumber Biru Jombang

Sumber Biru Jombang (travel kompas)

Sumber Biru Jombang terletak di Jalan Argobin, Ngembang, Desa Wonotirto, Desa Wonomerto, Kecamatan Wonosalam, Jombang. Warung ini buka setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

Warung makan di kaki Gunung Anjasmoro ini menawarkan suasana sejuk dan asri. Pemandangan di sini masih alami dengan pepohonan yang rimbun. Pengunjung bisa menikmati kuliner di sungai. Tak hanya itu, ada kolam renang, spot foto Instagrammable, dan gazebo.

Beragam kuliner ditawarkan seperti jajanan khas Wonosalam, nasi tiwul, nasi jagung, ikan asin, cenil, ikan klotok, kolak, singkong rebus atau goreng, durian, dan kopi Wonosalam. Harga mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 15.000.

2. Taman Petung Mojokerto

Taman Petung Mojokerto (ijen indonesia)

Taman Petung terletak di Jibru, Belik, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Lokasi ini dapat ditempuh kurang lebih 28,1 kilometer atau 46 menit dari Mojokerto. Taman Petung merupakan destinasi wisata kuliner yang baru dibuka pada 18 November 2022.

Pengunjung bisa datang ke Taman Petung setiap hari mulai pukul 09.00-17.00 WIB. Ruang makan di sini berbentuk gazebo yang terbuat dari bahan bambu dan kayu, dan setiap gazebo memiliki ukuran yang berbeda-beda.

Menurut masyarakat setempat, petung artinya bambu, sehingga wisata kuliner di sini disebut petung. Air yang mengalir di Taman Petung berasal dari mata air pegunungan yang mengalir ke persawahan.

Bagi pengunjung yang tidak ingin makan sambil bermain air, disediakan juga gazebo tanpa air. Seperti gazebo bersila dan gazebo dengan meja dan kursi.

Fasilitas yang disediakan lengkap seperti surau, kamar mandi, area di dalam rumah sebaik di luar rumah, dan spot foto yang estetis. Banyak makanan, minuman dan menu makanan ringan tersedia di warung ini dengan harga mulai dari Rp 5.000-Rp 28.000.

3. Wisata Alaska Kediri

Wisata Alaska Kediri (dhaha news)

Wisata Alaska terletak di Desa Tempurejo, Kecamatan Wates, Kediri. Wisata Alaska atau Alas Karet dibuka setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Objek wisata ini dipenuhi pohon karet berusia ratusan tahun dengan aliran sungai di bawahnya.

Pepohonan yang menjulang tinggi dan rindang menambah kesejukan objek wisata ini. Selain bisa menikmati dangkalnya sungai, pengunjung juga bisa menjelajahi keteduhan hutan di antara akar-akar raksasa serta menikmati kulinernya.

Banyak warung yang menawarkan berbagai pilihan menu makanan, seperti soto, pecel, mie instan, teh, kopi, dan lain sebagainya. Penataan bangku-bangku ditempatkan di pinggir sungai untuk menarik perhatian pengunjung menjelajahi kuliner di Wisata Alaska Kediri.

4. Taman Telaga Sari Malang

Taman Telaga Sari Malang

Taman Telaga Sari Malang terletak di Dusun Tegir, Pandansari Lor, Kecamatan Jubung, Malang. Tempat makan ini unik karena terdapat sungai yang sangat jernih. Biasanya banyak pengunjung yang merendam kaki di sungai ini sambil menikmati makanan dan minuman.

Pengunjung tidak perlu khawatir karena aliran air di sungai ini dangkal dan bisa dijadikan spot foto dengan latar belakang sungai. Suasananya yang nyaman dan asri menjadi daya tarik tersendiri yang sayang untuk dilewatkan.

Banyak makanan yang disajikan di sini seperti pop mie, gorengan, kopi, mie, dan lain sebagainya. Harga tiket masuknya Rp5 ribu per orang, tiket parkir Rp5 ribu untuk sepeda motor, dan Rp10 ribu untuk mobil. Tempat makan ini buka mulai pukul 07.30 WIB.

5. Taman Salak Gemaharjo Trenggalek

Taman Salak Gemaharjo terletak di Desa Gemaharjo, Kecamatan Watulimo, Trenggalek. Tempat ini dikelilingi oleh banyak pohon salak dan terletak di tepi sungai yang mengalir. Pemandangan di taman salak ini sangat indah dan indah.

Taman salak ini juga memiliki kafe yang terletak di tepi sungai. Terdapat gazebo, pohon durian, jembatan yang melintasi sungai, dan kolam renang. Kafe di pinggir sungai ini sangat indah dan banyak dikunjungi wisatawan.

Aneka makanan dan minuman yang disajikan seperti botok, masakan pedas, sayur lompong, urap-urap, nasi tiwul, nasi jagung, dan lain sebagainya. Salah satu hidangan andalan kafe ini adalah botok ikan laut. Wajar saja, karena lokasinya dekat dengan Pantai Prigi.

Pengunjung juga bisa menikmati singkong goreng hangat, tahu bakso. Beberapa jenis minuman hangat sambil melihat keindahan taman salak yang buka setiap hari mulai pukul 09.00-17.00 WIB.

Demikianlah informasi mengenai warung dan cafe di jawa timur yang berada di pinggir sungai. Kalau kamu tertarik wisata kuliner, mau ke mana?

 

Artikel ini ditulis oleh Nadza Qur’rotun A, peserta Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di detikcom.

 

warung di atas sungaiwisata kuliner di atas airwisata kuliner jatim