INDONESIAONLINE – Perombakan kepengurusan terjadi di tubuh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Di jajaran ketua, ada tiga orang yang diberhentikan dengan hormat.

Tiga ketua PBNU yang diberhentikan dengan hormat adalah H Ulyas Taha, KH Amiruddin Nahrawi, dan H Robikin Emhas. PBNU juga menghentikan H Mardani H. Maming dari jabatan bendahara umum PBNU serta H Ahmad Nadzir, H Burhanuddin Mochsen, dan H Ashari Tambunan dari jabatan bendahara PBNU. Mereka dihentikan disertai ucapan terima kasih atas pengabdiannya selama ini.

Pergantian ini berdasarkan Surat Keputusan PBNU Nomor 01.b/A.II.04/06/2023 tentang Pengesahan Pergantian Antar-Waktu Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Masa Khidmat 2022-2027. Surat tersebut dikeluarkan oleh PBNU pada Rabu (13/6/2023).

Sebagai pengganti, PBNU mengangkat KH Masyhuri Malik yang semula menjabat a’wan PBNU menjadi ketua PBNU, H Fahmy Akbar Idries yang semula bendahara PBNU menjadi ketua PBNU, dan H Muhammad Faesal yang semula wakil sekretaris jenderal PBNU menjadi ketua PBNU.

Baca Juga  Pernah Dianggap HTI-Wahabi, Kini Ustaz Hanan Attaki Siap Mati Bela NKRI usai Baiat ke NU

Selain itu, PBNU menempatkan H Nusron Wahid yang semula wakil ketua umum PBNU menjadi ketua PBNU serta A. Suaedy dan KH Ulil Abshar Abdalla sebagai ketua PBNU.

Bukan hajya itu. PBNU menetapkan H Amin Said Husni yang semula ketua PBNU menjadi wakil ketua umum PBNU. Lalu, H Mohammad Jusuf Hamka yang semula ketua PBNU menjadi bendahara PBNU. Dan, H Gudfan Arif yang semula bendahara PBNU menjadi bendahara umum PBNU.

Sementara itu, Hj Safira Machrusah, H Amir Ma’ruf, dan H Ahmad Ginanjar Sya’ban ditetapkan sebagai wakil sekretaris jenderal PBNU.

“Mengamanatkan kepada nama-nama sebagaimana dimaksud dalam lampiran surat keputusan ini untuk melaksanakan tugas sebagian Pengurus Besar Nahdlatul Ulama masa khidmat 2022-2027,” bunyi poin keempat belas surat tersebut.

Baca Juga  Ketua DPC PPP Banyuwangi Dukung Bupati Laksanakan Haji Setiap Tahun

“Dengan keharusan untuk senantiasa berpedoman kepada Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga NU, dan peraturan-peraturan yang ditetapkan dalam Permusyawarata PBNU, serta berkewajiban untuk menyampaikan laporan pertanggungjawaban atas pelaksanaan tugas kepengurusan dalam muktamar ke-35 yang akan datang,” lanjut bunyi poin tersebut.

SK terbaru ini menjadi penanda berakhirnya SK PBNU Nomor 01/A.II.04/01/2022 tanggal 9 Jumadil Akhir 1443 H/12 Januari 2022 M tentang Pengesahan PBNU masa khidmah 2022-2027. (red/hel)