Begini Cara Mengatasi Sakit Hati Atas Hinaan, Simak 4 Hikmahnya

INDONESIAONLINE – Tak dipungkiri, setiap manusia tentu pernah merasakan sakit hati, baik karena dihina atau hal lainnya. Sakit hari tentunya menjadi hal yang berbahaya jika terus dibiarkan. Lantas, bagaimana untuk menghilangkan sakit hati?

Disampaikan KH Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym pada channel YouTube nya, sakit hati merupakan hal yang harus disikapi dengan berlandaskan iman, agar dalam diri seseorang tak dilingkupi emosi. 

Sebuah hinaan bukanlah menjadi hal yang berarti dibandingkan dengan dosa yang dimiliki oleh manusia, namun ditutupi oleh Allah SWT. 

“Siapa yang menciptakan kita? Yang menghidupkan kita? Yang memberi rezeki? Yang mengangkat derajat? Yang menutup aib? Yang megampuni dosa? Yang memberi pahala? Yang memberi kemuliaan dunia-akhirat? Siapa yang punya surga? Kalau semua karunia milik Allah, kenapa capek-capek mikirin mulut orang?,” jelas Aak Gym.

Dikatakan Aa’ Gym, tuhan dari manusia bukanlah mulut dari orang lain, akan tetapi Allah SWT. Maka dari itu, ketika terdapat seseorang yang menghina, maka Aak Gym berpesan agar tidak menggubris. Hal yang paling penting bagi seorang muslim adalah menjadi manusia yang beriman kepada Allah SWT.

Selain itu, dengan hinaan itu, justru seseorang mendapatkan hikmah. Pertama, seseorang lebih bersyukur, dimana bukan merupakan pelaku yang menjadi penghina dari umat lainnya. 

Kedua, seseorang menjadi lebih paham, jika perbuatan menghina seseorang, merupakan sebuah perilaku buruk, yang tentu itu tak disukai Allah SWT.

Ketiga, hinaan yang didapat menjadi sebuah hal yang dapat melatih kesabaran seseorang untuk lebih dewasa dan bijak menyikapi hinaan. 

Keempat, dengan hinaan yang didapat, tentu bisa disikapi dengan justru meningkatkan pahala. Ketika melakukan hal-hal yang benar tetapi justru mendapat hinaan, hal tersebut menjadi tanda-tanda diangkat derajatnya. 

You May Also Like

Dibunuh 70 Kali dan Tetap Hidup, Begini Kisah Nabi Jirjis yang Melawan Raja Kafir dan Meninggal Syahid

JATIMTIMES – Kisah Nabi Jirjis, sangatlah menarik. Sebab, ia pernah dibunuh oleh…

Kemenag Gelar Sidang Isbat Tentukan Idul Adha 2022 Sore Ini

INDONESIAONLINE – Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat untuk menentukan dilaksanakannya…