INDONESIAONLINE – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto melakukan kunjungan kerja ke Jepang dan bertemu Gubernur Japan Bank for International Cooperation (JBIC) Nobumitsu Hayashi. 

Di sela-sela kunjungan kerjanya ini, pejabat yang juga sebagai Ketua Umum DPP Partai Golongan Karya (Golkar) ini juga bertemu dengan sejumlah pimpinan teras partai penguasa Jepang yakni Partai Demokrat Liberal (LDP). Seperti Presiden LDP Fumio Kishida, Juru Bicara (Jubir) LDP Taro Kono, dan anggota DPR Jepang yang juga Chairperson LDP Tatsuo Fukuda.

Fumio Kishida merupakan Chairman LDP sekaligus Perdana Menteri Jepang saat ini. Ia menggantikan Yoshihide Suga. Kishida terpilih sebagai pemimpin tertinggi LDP setelah mengungguli Taro Kono. Pertemuan antara Airlangga dan Fumio Kishida membahas hubungan antara LDP dengan Partai Golkar.

Selama ini, Golkar memiliki kedekatan khusus dengan LDP, partai yang secara turun temurun dikuasai oleh keluarga dari para politisi ternama di Jepang. Pasca-Shinzo Abe dan Yoshihide Suga, LDP terus memimpin pemerintahan Jepang melalui Perdana Menteri Fumio Kishida. Baik LDP dan Golkar sama-sama berada dalam pemerintahan masing-masing saat ini. 

Baca Juga  Heboh Momen Gibran Antar Kaesang Sungkem ke Megawati

Sementara, pertemuan antara Airlangga dan Tatsuo Fukuda berlangsung akrab. Disamping karena pertemanan baik keduanya secara pribadi, keakraban juga dipengaruhi faktor kepartaian dan hubungan antarpemerintah.

Dalam pertemuan tersebut, Airlangga menyampaikan, bahwa telah terjalin kesepakatan antara Golkar dan LDP untuk kerja sama pertukaran pemuda. Kerja sama ini akan ditindaklanjuti melalui Golkar Institute.

“Kami juga membahas berbagai masalah terkait isu geopolitik global dan Indo Pasifik,” ujar Airlangga dalam keterangan, Jumat (29/7/2022).

Lebih lanjut, dalam pertemuan ini Fukuda didampingi dua pembantu utamanya yakni Arata Takebe dan Shimono Rokuta. Kedua pejabat ini berasal dari Kementerian Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan.

Selain bertemu dengan Kishida, Airlangga juga bertemu dengan Taro Kono, salah satu tokoh senior LDP yang pernah memegang tiga posisi menteri dan kandidat Perdana Mentero. Kono pernah menjadi Menteri Luar Negeri, Menteri Pertahanan, dan terakhir Menteri Urusan Vaksin.

Baca Juga  Antonius Yoga: Kaesang Fix Masuk PSI

Kono dipercaya akan memimpin pemerintahan sebagai pengganti Yoshihide Suga yang mengundurkan diri. Walaupun akhirnya ia harus mengakui keunggulan Fumio Kishida dalam pemilihan Presiden LDP pada September 2021. Banyak hal yang dibahas dalam pertemuan dengan Kono, yang juga dipercaya sebagai Jubir LDP.

Dalam pertemuan selama satu jam bersama pejabat LDP, Airlangga mengaku banyak hal yang dibahas.

“Pertemuan tersebut juga untuk membahas dari segi politik terkait kebijakan yang akan berpihak pada investasi dan perdagangan antara Jepang dan Indonesia, terkait berbagai skema kerjasama bilateral dan multilateral, baik itu mengenai IJEPA, RCEP, maupun IPEF serta momen yang sangat baik Keketuaan Indonesia bersamaan dengan 50 Tahun Persahabatan ASEAN-Jepang pada tahun 2023,” jelas Airlangga.