Angkot Gratis Pelajar Kota Batu Segera Uji Coba, Organda Siapkan 42 Kendaraan

Angkot gratis bagi pelajar Kota Batu, Jatim sedang dipersiapkan untuk tahap awal uji coba (pl/io)

INDONESIAONLINE – Kabar gembira bagi para pelajar di Kota Batu, Jawa Timur (Jatim). Program angkutan umum/kota (Angkot) gratis untuk pelajar akan segera direalisasikan. Organisasi Angkutan Darat (Organda) Kota Batu menyambut baik program ini dan tengah mempersiapkan 42 kendaraan untuk tahap awal uji coba.

Menurut Ketua Organda Kota Batu Heri Junaidi, program ini akan diluncurkan setelah Lebaran dan diperkirakan beroperasi penuh saat tahun ajaran baru dimulai. Uji coba akan dilakukan di 18 titik utama yang tersebar di 3 kecamatan.

“Nantinya setelah dievaluasi masih memungkinkan ada perubahan jalur sesuai kondisi di jalanan,” jelas Heri.

Ia berharap program ini dapat meningkatkan kesejahteraan para sopir angkot yang pendapatannya menurun akibat kehadiran angkutan online. Heri memperkirakan, program ini akan melayani sekitar 7.500 pelajar.

Pada tahap awal, angkutan gratis akan diprioritaskan untuk mengangkut pelajar SMP dan SMA. Keluarga menengah ke bawah akan menjadi target utama program ini.

“Nantinya akan dipetakan lagi sesuai jenjang dan jam pulang masuk sekolah,” ujar Heri.

Heri juga menyampaikan, Organda telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kota Batu untuk memastikan kelancaran program ini. Setiap angkot akan dilengkapi dengan perangkat scan untuk transaksi dan stiker khusus sebagai penanda.

Para sopir angkot juga diimbau untuk menjaga kondisi kendaraannya agar aman dan nyaman bagi para pelajar.

“Pastinya ada perbaikan, dan yang terpenting kendaraannya masih hidup surat-suratnya,” kata Heri.

Heri optimis program ini akan disambut baik oleh para pelajar dan orang tua. Ia berharap program ini dapat membantu meringankan beban ekonomi keluarga dan mendorong lebih banyak pelajar untuk menggunakan angkutan umum.

“Semoga program ini dapat berjalan dengan lancar dan bermanfaat bagi semua pihak,” pungkasnya (pl/dnv).

angkot gratisangkot gratis pelajarKota Batuorganda kota batu