JATIMTIMES – Jelang gelaran Musyawarah Wilayah IKA PMII di Bangkalan 9-10 Januari 2022, berbagai nama calon Ketua IKA PMII bermunculan menggantikan Amin Said Husni yang saat ini menjabat Ketua IKA PMII Jawa Timur. 

Bahkan, beberapa nama mulai berkonsolidasi membangun kekuatan dukungan. Nama-nama yang bermunculan diantaranya Thoriqul Haq (Bupati Lumajang), Anwar Sadad (DPRD Provinsi), Hikmah Bafaqih (DPRD Jatim), Ir Mushodaq (Pengusaha Alumni ITS) Yok Zakaria Irfani (Tokoh Pergerakan Kemasyarakatan), Prof. Fatoni (Akademisi).

Terbaru, yang mengejutkan muncul nama Arumi Bachsin, istri Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak. Arumi Bachsin yang juga alumni PMII Tulungagung tepatnya PMII UIN SATU Tulungagung mendapatkan dukungan penuh dari generasi emas PKC PMII Jawa Timur 2011-2013. Munculnya nama Arumi Bachsin sangat disambut antusias oleh banyak elemen PMII. Bahkan mencuatnya nama Arumi menjadi calon nahkoda IKA PMII Jawa Timur, viral tidak hanya di Jawa Timur, namun di jaringan PMII se-Indonesia.

Bahkan salah satu pemilik hak suara dalam gelaran Muswil yang akan diselenggarakan di Bangkalan Madura, Abdul Azis (Ketua IKA PMII Blitar) unjuk suara terkait munculnya nama Arumi Bachsin.

Baca Juga  Malam Tahun Baru, 610 Personel Gabungan Disiagakan, Masyarakat Lamongan Diminta Cukup Rayakan di Rumah

Ditemui di kediamannya di Blitar, Selasa (4/1/2021), Abdul Aziz menyampaikan bahwa figur Arumi dinilai layak memimpin PW IKA PMII Jawa Timur masa 2022-2027. Arumi juga dinilai mewakili kaum perempuan sekaligus generasi milenial.

‘’Kami juga menilai figur Arumi akan membawa spirit baru dalam membangun sektor ekonomi kerakyatan atau UMKM. Ditambah lagi IKA PMII Jatim saat ini memberikan perhatian lebih soal ekonomi kerakyatan, dan ini terobosan bagus untuk  Jawa Timur,’’ kata Azis.

Abdul Aziz menandaskan, figur Arumi yang banyak bergelut di bidang sektor ekonomi misalnya Dekranasda dan influencer layak menjadi calon yang diperhitungkan. Abdul Aziz yang dikenal sebagai pegiat ekonomi desa juga sudah pernah mewawancarai Arumi Bachsin dalam acara talkshow Beber UKM (Belajar dan Berbagai Usaha Kreatif Mandiri) di sebuah program acara salah satu televisi. Acara itu diselenggarakan sangat mendadak.

Baca Juga  Prakiraan Cuaca BMKG 30 Maret: Wilayah Jatim Dominan Cerah Berawan 

‘’Dalam talk show kala itu Arumi bisa menjawab berbagai pertanyaan dengan tepat, cepat dan sistematis. Pertanyaan-pertanyaan yang  menurut kami tidak mungkin dijawab tanpa pengalaman lapangan,’’ imbuhnya.  

Abdul Aziz yang juga Pengurus Bidang Pangan Kadin Jatim menambahkan, sosok Arumi adalah figur yang tahu betul tantangan dunia ke depan, terlebih dunia digitalisasi. Dirinya yakin Arumi mampu membuat gebrakan program-program yang kreatif dan inovatif bagi IKA PMII Jatim.

‘’Bagi kami ini salah satu kelebihan Ibu Arumi, yang tidak dimiliki oleh banyak calon.Karena dalam lompatan kemajuan jaman yang berubah cepat dibutuhkan figur kepemimpinan yang kreatif dan inovatif,’’ tukas Azis.

Abdul Aziz  menyebutkan, selain Arumi, sosok yang juga dinilainya layak diperhitungkan adalah Ir. Mushodaq (Pengusaha Alumni ITS) Yok Zakaria Irfani (Tokoh Pergerakan Kemasyarakatan) Prof Fatoni (Akademisi) Thoriequl Haq (Bupati Lumajang), Anwar Sadad (Ketua Gerindra Jatim) dan Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jatim).



Aunur Rofiq