JATIMTIMES – Jelang tutup tahun, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Banyuwangi melakukan pengumpulan berkas dan verifikasi cabang olahraga (Cabor). Agenda rutin yang wajib digelar setiap tahunnya ini menjadi salah satu pertanggungjawaban dari masing-masing cabor yang ada.

Ketua Verifikasi Cabor KONI Banyuwangi tahun 2021 Zaenal Efendi mengungkapkan, rangkaian kegiatan yang digelar merupakan bentuk pertanggungjawaban penggunaan dana pembinaan olahraga selama satu tahun. Pertanggungjawaban itu kemudian dirangkum dalam satu berkas, dan menjadi penilaian kinerja pengurus cabor dalam satu tahun. Di dalamnya berkaitan dengan besar atau kecilnya anggaran pembinaan masing-masing cabor sesuai dengan skor akhir yang ditetapkan.

Pria asal Kampung 10 Tegaldlimo itu menuturkan, ada tiga item yang memiliki skor penilaian kinerja pengurus Cabor. Meliputi kegiatan yang diikuti dan dilaksanakan selama satu tahun, prestasi yang didapatkan dan jumlah klub dan atlet cabor. Rangkaian kegiatan mulai dengan presentasi pengurus Cabor di kantor KONI Banyuwangi pada Sabtu (18/12/2021).

Baca Juga  PSS Sleman Umumkan Irfan Jaya Out, Akankah Gabung Arema FC?

“Contoh kegiatan yang diikuti harus ada bukti fisik agar tim KONI bisa melakukan verifikasi faktual. Misalnya satu cabor mengikuti Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Jawa Timur (Jatim) maka harus ada bukti undangan atau surat pemberitahuan dari Pengurus Provinsi (Pengprov) Jatim sebagai panitia pelaksana kegiatan,” jelas pria berkacamata itu di kantor KONI Banyuwangi Jumat (24/12/2021).

Selanjutnya, pengurus Cabor harus mencantumkan foto kegiatan saat mengikuti Kejurprov. Apabila mampu berprestasi dan meraih juara, maka harus melampirkan bukti fisik seperti medali, piagam penghargaan maupun foto saat upacara penyerahan tropi.

Kemudian Zaenal menambahkan, untuk program kegiatan yang dilaksanakan dalam satu tahun, maka pengurus cabor harus melampirkan Surat Keputusan (SK) kepanitiaan, foto kegiatan dan laporan hasil kegiatan dan seterusnya.

Baca Juga  Dua Nomor Punggung yakni 1 dan 47 di Arema FC Resmi Dipensiunkan

“Hari ini merupakan batas akhir penyerahan berkas dan sesuai dengan kesepakatan bersama dalam rapat kerja (Raker) KONI Banyuwangi dengan semua anggota, sanksi bagi yang tidak mengikuti tahapan presentasi, menyerahkan berkas dan verifikasi maka Cabor tersebut akan mendapatkan alokasi dana paling bawah,” pungkas Zaenal.



Nurhadi Joyo