INDONESIAONLINE – Wahyu Hidayat, calon wali kota Malang nomor urut 1, memastikan membuka ruang bagi kalangan pemuda agar tetap berkarya. Bahkan tak sekadar membuka ruang dan peluang, Wahyu juga memberikan dukungan penuh atas kiprah pemuda.
Hal itu Wahyu tegaskan untuk menepis bahwa program andalannya saat berkampanye hanya diarahkan untuk kalangan masyarakat yang telah berumah tangga. Yakni kegiatan tebus murah sembako.
Wahyu mengatakan, dukungannya terhadap kiprah kalangan milenial dan gen-Z salah satunya ditunjukkan saat dirinya menghadiri Kickfest beberapa waktu lalu. Kickfest adalah festival tahunan yang merayakan kreativitas industri fashion dan produk lokal di Indonesia.
“Memang kalau tebus sembako murah ini sasarannya masyarakat rumah tangga. Kalau anak muda tentu dengan model lain. Seperti kemarin saya mendatangi acara KickFest,” ungkap Wahyu, Selasa (1/10/2024) malam.
Dalam event tersebut dirinya dapat menyaksikan langsung bagaimana anak-anak muda bisa mengekspresikan diri melalui beragam karya. Salah satunya melalui industri clothing atau fashion.
“Itu banyak gen Z yang memang sesuai dengan seleranya itu dunia mereka Gen Z,” imbuh Wahyu.
Di event tersebut, dirinya juga sempat untuk melihat usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang langsung dikelola oleh anak-anak muda. Wahyu pun mengaku cukup senang dengan hal tersebut.
Wahyu juga tak segan turut berbaur dengan sejumlah anak-anak muda. Baik untuk berdialog singkat ataupun untuk saling bertegur sapa hingga berswafoto bersama.
Sementara sebelumnya, kepeduliannya untuk merangkul kalangan pemuda juga ditunjukkan dalam aktivitas lain. Seperti saat nongkrong di area Pasar Klojen, yang memang tengah menjadi salah satu lokasi favorit berkumpulnya anak muda. (rw/hel)