Cara Sederhana Turunkan Darah Tinggi tanpa Obat

INDONESIAONLINE – Masalah kesehatan serius sering timbul karena tekanan darah tinggi. Misalnya penyakit jantung, stroke, dan kerusakan organ lainnya.

Karena itu, penting untuk memantau tekanan darah secara teratur dan mengontrolnya agar tetap berada dalam batas aman.

Obat merupakan pilihan utama untuk mengobati tekanan darah tinggi. Namun, seiring membaiknya tekanan darah dengan modifikasi gaya hidup, obat-obatan dapat dihentikan secara bertahap.

Tekanan darah tinggi dapat terjadi secara tiba-tiba tanpa tersedianya obat dalam jangkauan. Jika kenaikan tekanan darah disertai dengan komplikasi, seperti stroke dan serangan jantung, segera temui dokter. Namun, jika mendapati tekanan darah tinggi tanpa adanya komplikasi, terdapat beberapa cara cepat yang dapat dilakukan untuk menurunkannya.

Berikut  6 cara untuk menurunkan tekanan darah dengan segera tanpa obat-obatan.

1. Minum Air Putih

Dehidrasi dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah. Karena itu, meminum segelas air putih dapat membantu menurunkan tekanan darah.

2. Tarik Napas Dalam-Dalam, lalu Rileks

Stres dan kecemasan dapat meningkatkan tekanan darah. Jadi, meluangkan waktu sejenak untuk menenangkan diri dapat membantu menurunkan tekanan darah. Lakukanlah latihan pernapasan yang memperlambat detak jantung dan meningkatkan relaksasi.

3. Lakukan Aktivitas Fisik

Berjalan-jalan atau melakukan peregangan ringan dapat membantu menurunkan tekanan darah. Cobalah untuk melakukan olahraga secara teratur dan bergerak lebih banyak.

4. Konsumsi Cokelat Hitam

Cokelat hitam mengandung flavonoid,  senyawa yang terbukti dapat menurunkan tekanan darah. Tetapi, konsumsilah cokelat hitam dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan.

5. Mandi Air Dingin

Air dingin dapat menyebabkan pembuluh darah mengerut sehingga dapat menurunkan tekanan darah.

6. Hindari Rokok dan Alkohol

Rokok dan alkohol dapat meningkatkan risiko hipertensi. Bahkan, konsumsi alkohol dapat meningkatkan tekanan darah pada orang yang tidak memiliki hipertensi. Oleh sebab itu, penting untuk menghindari kedua barang itu untuk menjaga tingkat tekanan darah yang sehat.

Perlu diketahui bahwa cara-cara di atas hanya memberikan bantuan sementara dan bukan merupakan pengganti pengobatan medis. Terlebih, diperlukan perubahan gaya hidup untuk menghindari, menunda, atau mengurangi kebutuhan akan obat tekanan darah. (red/hel)

darah tinggiHipertensitekanan darah tinggi