Tak Selalu Menyehatkan, 7 Penderita Ini Harus Hindari Minum Air Kelapa

Minum air kelapa. (foto: istock)

INDONESIAONLINE – Air kelapa dikenal punya ragam khasiat bagi tubuh. Namun tak semua orang bisa mendapatkan ragam khasiat itu. Sebab, ada beberapa orang yang justru tak dianjurkan minum air kelapa. Jika ngotot, hal negatif justru berpotensi didapatkan.

Lantas siapa saja orang-orang yang perlu menghindari untuk mengonsumsi air kelapa? Dilansir dari berbagai sumber, setidaknya ada tujuh kelompok orang yang perlu menghindari minum air kelapa. Ketujuh orang tersebut ialah yang memiliki kondisi sebagai berikut:

Penderita Gagal Ginjal

Dikutip dari Vinmec, seseorang yang menderita gagal ginjal, sebaiknya untuk menghindari minum air kelapa. Sebab,air kelapa diketahui memiliki kandungan kalium yang tinggi. Sementara saat seseorang mengalami gagal ginjal, tubuh tidak bisa mengolah kalium dengan baik.

Pada gilirannya, minum air kelapa bisa menyebabkan seseorang menderita hiperkalemia atau kondisi kadar kalium di dalam tubuh terlalu tinggi. Hiperkalemia itu kemudian memicu aritmia atau detak jantung menjadi tidak teratur yang bisa memicu kematian mendadak.

Penderita Diabetes

Mereka yang yang menderita gula darah tinggi atau diabetes juga sebaiknya menghindari konsumsi air kelapa.Hal itu didasarkan bahwa air kelapa mengandung karbohidrat dan kalori yang cukup tinggi, meski bukan minuman manis.

Karbohidrat dan kalori dari air kelapa akan diolah oleh tubuh menjadi gula darah.Jika penderita diabetes mengonsumsi air kelapa, maka bisa membuat kadar gula darah di dalam tubuh sulit dikendalikan.

Penderita Sindrom Iritasi Usus Besar

Penderita sindrom iritasi usus besar atau irritable bowel syndrome (IBS) juga sebaiknya tidak mengonsumsi air kelapa. Sebab, air kelapa tersebut bersifat pencahar yang biasanya dikonsumsi untuk mengatasi susah buang air besar (BAB). Jika meminum air kelapa, penderita IBS yang mempunyai saluran pencernaan lebih sensitif akan merasakan nyeri perut dan diare.

Penderita Fibrosis Kistik

Penderita fibrosis kistik sebaiknya menghindari minum air kelapa lantaran dapat memperparah kondisi. Perlu diketahui, fibrosis kistik adalah kondisi ketika lendir-lendir di dalam tubuh menjadi lebih lengket dan kental.

Kemudian, air kelapa ini mengandung kadar garam rendah namun memiliki kalium yang cukup tinggi. Sementara, penderita fibrosis kistik memiliki kadar garam dalam tubuh yang rendah, sehingga perlu ditingkatkan.

Orang yang Akan Menjalani Operasi

Bagi seseorang yang akan menjalani prosedur operasi pembedahan, sebaiknya tidak mengonsumsi air kelapa. Sebab air kelapa dapat mengganggu tekanan darah dan kontrol gula darah selama dan setelah operasi. Oleh karena itu, seseorang sebaiknya tidak meminum air kelapa setidaknya dua minggu sebelum jadwal operasi.

Orang yang Sedang Konsumsi Obat Antidiabetes

Hindari minum air kelapa bagi individu yang sedang mengonsumsi obat kencing manis atau antidiabetes secara rutin. Sebab, air kelapa justru dapat bereaksi dengan obat antidiabetes dengan menurunkan kadar gula darah terlalu rendah dari seharusnya. Jika ingin minum air kelapa, sebaiknya tetap memantau kadar gula darah dengan sebaiknya mungkin atau cermat.

Orang yang Mengonsumsi Obat Antihipertensi

Bagi seseorang yang sedang mengonsumsi obat darah tinggi atau antihipertensi, hindari minum air kelapa. Hal tersebut karena dapat memicu efek samping jika dikonsumsi bersamaan dengan air kelapa.

Sebab air kelapa tersebut diketahui dapat menurunkan tekanan darah. Dengan begitu, minum air kelapa bersamaan dengan obat penurun tekanan darah dapat menyebabkan tekanan darah menjadi terlalu rendah dari seharusnya. (mut/hel)

Air kelapakonsumsi air kelapatips sehat