INDONESIAONLINE – Sebagai rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke – 77 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Banyuwangi menggelar secara Online acara Curah Pendapat Kebangsaan “Merajut Harmoni Membangun Negeri” pada Kamis (11/08/2022).

Menurut Muhammad Lutfi, Plt Kepala Kesbangpol Kabupaten Banyuwangi acara yang pertama kali digelar tersebut diikuti oleh ratusan peserta antara lain dari; Veteran, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Mahasiswa, Pelajar, Forum Pembauran Kebangsaan, FKUB, Babinsa Babinkamtibmas, LSM, Media  dan Pemuda.

“Curah Pendapat Kebangsaan merupakan rangkaian kegiatan HUT kemerdekaan RI sesuai dengan arahan Bupati Banyuwangi untuk bahan masukan bagi pemerintah dalam melaksanakan program pembangunan. Rata-rata peserta memberikan tanggapan yang positif,” jelas M . Lutfi.

Baca Juga  Berbagai Pengalaman, Ini Tips Lolos CPNS

Mantan Camat Banyuwangi itu menuturkan kegiatan yang digelar merupakan awal. Selanjutnya 10 peserta terbaik akan mengikuti ngopi (ngobrol pagi) – focus group discussion (FGD) secara  Offline  di Pasar Kebangsaan Desa Bulusari Kecamatan Kalipuro Banyuwangi pada  Sabtu13 Agustus 2022 mendatang.

“Kami meminta peserta untuk memaparkan ide-ide atau gagasan yang bisa yang direkomendasi bisa digunakan pemerintah Banyuwangi dalam melaksanakan program pembangunan,” jelasnya.

Dalam pemaparan ide atau gagasan 10 peserta terbaik Curah Pendapat Kebangsaan, panitia pelaksana juga akan mengundang Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) maupun dinas/instasni terkait materi yang disampaikan peserta.

“Jadi kami menyampaikan program yang dilaksanakan semacam jaring aspirasi yang akan dilakukan secara rutin mungkin setahun bisa satu atau dua kali,” pungkasnya.

Baca Juga  Berikut Peringkat Negara yang Warganya Keranjingan Mainan Ponsel