JATIMTIMESPerempuan Bangsa (PB) DPC PKB Bondowoso akan ambil andil dalam melakukan verifikasi faktual data lembaga pendidikan, guru hingga jumlah siswa pendidikan usia dini (PAUD). Peran itu diambil oleh kader-kader perempuan bangsa atas perintah Ketua DPC PKB Bondowoso Achmad Dhafir.

Ketua Fraksi PKB H. Tohari mengungkapkan, verifikasi tersebut merupakan tindaklanjut pandangan akhir (PA) Fraksi PKB. Menurutnya, verifikasi perlu dilakukan agar ditemukan data yang valid. Sebab, sebelumnya ditemukan fakta bahwa jumlah guru PAUD tak sampai berjumlah 3.158 orang. Termasuk keaktifan lembaga hingga disinyalir ada data murid fiktif.

“Ada guru PAUD menyebut bahwa jumlah guru tak sebegitu banyak. Karena ada guru sebenarnya sudah berhenti masih dapat honor. Dari data tidak terhapus,” ungkap Tohari.

Baca Juga  16 Mahasiswa Kedokteran UIN Malang Ucap Sumpah Dokter, Ini Pesan Rektor

F-PKB berharap proses penyegaran data tersebut benar-benar dilakukan secara profesional oleh kader perempuan bangsa di tiap Kecamatan. Sebab, hasilnya sangat menentukan tepat atau tidaknya aliran anggaran yang bakal dikucurkan pemerintah.

Ketua Komisi I itu menegaskan bahwa hasil verifikasi faktual yang dilakukan perempuan bangsa akan menjadi data pembanding verifikasi yang juga dilakukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud). Menurutnya, hal itu penting dilakukan sebagai fungsi kontrol guna meminimalisir terjadinya kesalahan data.

“Permintaan ini juga kepada Diknas melalui bupati dalam paripurna. Kemudian secara intern pak ketua juga meminta kepada perempuan bangsa. Makanya kita tunggu data hasil verval perempuan bangsa,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Perempuan Bangsa Uswatun Hasanah menyebut telah menggandeng sejumlah pihak terkait, termasuk Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Indonesia (HIMPAUDI) Bondowoso guna proses pengakuratan data.

Baca Juga  Fakultas Syariah UIN Malang Tingkatkan Kualitas Akademik via Workshop Evaluasi Pembelajaran

“Masing-masing PAC PB PKB akan terjun langsung mengecek di lapangan untuk memastikan data yang ada sudah sesuai atau tidak. Hasilnya akan kami serahkan ke ¬†pimpinan. Semoga itikad ini bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya usai acara silaturahim perempuan bangsa bersama HIMPAUDI di Graha NU Jl. MT. Haryono Kelurahan Badean, Minggu (19/12/2021).



Abror Rosi