Diet Jadi Tren, Berikut 5 Jenis Diet yang Hits Dipilih 2022

INDONESIAONLINE – Untuk mendapatkan berat badan yang idel demi menjaga kesehatan tubuh banyak yang memilih untuk melakukan diet. Alhasil beragam jenis diet pun kini kian muncul.

Dilansir dari Asosiasi Pakar Diet Inggris terdapat beberapa jenis diet yang populer 2022 ini. Totalnya ada lima macam diet yang populer dan bisa jadi refensi kalian yang akan menjalani diet aman dan sehat.

Berikut 5 macan diet populet 2022, diantaranya :

1. Ketogenic

Diet ketogenic mengacu pada pola makan rendah karbohidrat dan tinggi lemak serta protein. Diet ini akan menggiring tubuh menuju keadaan ‘ketosis’, di mana energi yang terbakar berasal dari lemak dan bukan gula. Dengan demikian berat badan jadi turun dengan cepat.

Esensinya ada pada konsumsi lemak yang dipercaya bisa ‘menggantikan’ karbohidrat sebagai energi. 

Menurut nutritionist Scott Keatley, R.D., asupan lemak akan diolah tubuh menjadi energi, sehingga bisa menggantikan karbohidrat sebagai sumber tenaga.

Saat diet ketogenic, 60 sampai 75 persen asupan kalori berasal dari lemak dan 15 hingga 30 kalori datang dari protein. Sisanya yakni 5 hingga 10 persen berasal dari karbohidrat.

Sumber protein biasanya didapat dari daging hewani, telur, atau jantung hewani. Sementara lemak didapatkan dari konsumsi minyak zaitun, minyak sayur, alpukat, santan dan minyak canola.

Untuk jangka panjang, diet ketogenic tidak direkomendasikan. Sebab pola makan ini sangat membatasi asupan yang seharusnya dibutuhkan tubuh. Misalnya saja tidak mengonsumsi karbohidrat sama sekali termasuk buah, sayur dan biji-bijian.

2. Diet Vegan

Diet vegan merupakan pola makan yang menghindari konsumsi bahan berasal dari hewan dan produk-produk olahannya. Para vegetarian atau vegan mendapatkan asupan nutrisinya produk-produk berbahan nabati.

Diet vegan awalnya diterapkan oleh orang-orang dengan kepercayaan tertentu. Kemudian berkembang dan mulai banyak orang melihat dari sisi kesehatannya. Ada juga yang memutuskan menjadi seorang vegan atau vegetarian karena alasan etik atau untuk wmelindungi hak-hak binatang sehingga mereka tidak makan daging.

3. DASH Diet

DASH merupakan singkatan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension. Awal dari diciptakannya diet DASH sebenarnya bertujuan untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Namun karena manfaat yang dirasakan positif, banyak orang mengikuti pola diet ini untuk menjaga kesehatan. Seperti apa?

Diet DASH menekankan pada konsumsi makanan lengkap yang kaya nutrisi, namun disarankan lebih banyak buah dan sayur. Diet ini juga mengharuskan konsumsi kacang-kacangan, daging tanpa lemak, ikan, ayam, gandum utuh serta lemak sehat.

Diet DASH membolehkan konsumsi susu namun hanya yang rendah lemak atau bebas lemak. Sangat disarankan mengonsumsi buah dan sayur bersama makanan kaya protein agar perut terasa kenyang lebih lama.

4. Diet Mediterania

Diet mediterania masih jadi salah satu diet paling dicari di 2022. Diet ini terinspirasi dari gaya hidup orang-orang yang hidup di cekungan mediterania seperti Italia, Yunani dan Spanyol.

Diet mediterania bukan sekadar diet biasa yang mampu menurunkan berat badan saja. Diet ini dapat menghindari orang terkena berbagai macam penyakit seperti stroke, gangguan jantung hingga paru-paru seperti asma.

Berdasarkan penelitian, diet ini hanya menurunkan sekitar 2,2 kg berat badan jika dijalani secara rutin selama 60 hari. Namun diet ini dianggap cukup sehat dan paling mudah dilakukan ketimbang dua metode diet sebelumnya.

Cara diet ini mengharuskan kalian mengonsumsi whole food dan menghindari produk makanan olahan. Whole food adalah makanan yang diolah dari bahan-bahan segar. Bukan produk dalam kemasan maupun yang dibekukan.

Beberapa jenis makanan yang termasuk whole food terdiri dari buah-buahan dan sayuran segar, ikan, minyak zaitun, kacang-kacangan dan biji-bijian. Diizinkan juga minum red wine sesekali dalam satu bulan.

5. Flexitarian

Yang terakhir dier flexitarian merupakan pengaturan pola makan yang lebih mengutamakan konsumsi pangan dari nabati, terutama sayuran dan buah-buahan. Mengonsumsi lebih banyak sayur dan buah dapat meningkatkan volume lambung dan memberikan rasa kenyang lebih lama. Hal ini menyebabkan rasa lapar menurun dan berdampak pada penurunan berat badan.

Diet flexitarian tidak harus berhenti mengonsumsi daging, hanya saja porsi makannya harus dikurangi. Hal ini dilakukan agar menurunkan jumlah kalori lebih cepat, misalnya dari makan daging rutin selama seminggu dikurangi jadi 2 kali dalam seminggu.

BerikutDietDipilihHitsJadiJenisTrenyang