INDONESIAONLINE – Rombongan Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono  yang helikopternya mendarat darurat di hutan Kabupaten Kerinci sejak Minggu (19/2) belum juga berhasil dievakuasi. Setidaknya dua kali evakuasi gagal terkendala cuaca, mulai Minggu (19/2) malam dan Senin (20/2) pagi. 

Hari ini, Selasa (21/2) evakuasi masih terus diupayakan. Kabar terbaru, evakuasi jalur udara juga terhalang cuaca buruk. Oleh karenanya tim SAR mengerahkan ratusan personel untuk evakuasi jalur darat. 

Menurut Kades Pasar Tamiai, Muklas, ratusan tim telah bergerak masuk hutan. Ratusan personel itu terdiri dari TNI-Polri, Basarnas, masyarakat, dan lainnya.

Lebih lanjur, Muklas menyebut sistem evakuasi bakal dilakukan secara estafet. Sebelumnya, tim evakuasi darat  telah membangun helipad dengan radius 3 kilometer dari lokasi kapolda berada.

Baca Juga  MSAT Ditangkap, Ponpes Shiddiqiyyah Jombang tidak Lagi Dijaga Polisi

“Jaraknya ke titik helipad itu cuma 3 kilometer. Jadi, sangat memungkinkan evakuasi jalur darat,” kata Muklas,  Selasa (21/2). 

Jadi, ratusan personel yang dikerahkan melalui darat itu akan membawa korban ke titik helipad. Selanjutnya helikopter akan membawa korban ke Jambi. 

Selain itu, untuk memastikan helikopter mendarat aman di titik helipad, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut dilakukan modifikasi cuaca. “Khususnya sampai dengan hari ini, SAR udara masih kesulitan sehingga tentunya kami sedang berupaya bagaimana melakukan modifikasi cuaca sehingga kemudian kabut-kabut itu bisa dihilangkan. Dan pandangan terhadap lokasi TKP ini betul-betul bisa terlihat jelas sehingga evakuasi melalui udara bisa dilaksanakan dengan baik,” ujar Sigit, Selasa (21/2).  

Baca Juga  Mahfud MD Sebut Transaksi Mencurigakan di Kemenkeu Libatkan 460 Orang 

Seperti diberitakan sebelunnya, helikopter yang ditumpangi japolda Jambi dan rombongan mendarat darurat di perbukitan Tamiai, Muara Empat, Kabupaten Kerinci, Jambi, Minggu (19/2). Pilot, kru, dan penumpang mengalami luka-luka akibat insiden itu. 

Berikut ini daftar lengkap, pilot, penumpang dan kru helikopter. 

1. Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono

2. Dir Reskrimum Polda Jambi Kombes Andri Ananta Yusdhistira 

3. Dir Polair Polda Jambi Kombes Michael Mumbunan

4. Koorspripim Kompol Ayani 

5. ADC Kapolda Jambi atas nama Briptu Muhardi Aditya 

6. Pilot AKP Ali Nurdin S Harahap

7. Kopilot AKP Amos Freddy P Sitompul

8. Mekanik Aipda Susilo