Dari Papua hingga Amerika, Brand Clothing Lokal Kediri Tembus Pasar Mancanegara

JATIMTIMES – Industri fashion di Indonesia saat ini bisa dibilang berkembang pesat. Kian hari semakin bermunculannya merk pakaian dengan tema yang beragam dan unik. Apalagi clothing line karya anak bangsa tak kalah mentereng dengan merk luar negeri.

Merek-merek distro pun terbukti mampu bertahan meski telah melewati berbagai masa. Beberapa merek distro bahkan telah memiliki penggemarnya yang setia. Mereka tak ragu lagi untuk mengoleksi merek clothing line lokal karena memang senang dengan desain-desain yang ditawarkan.

Bisnis yang satu ini banyak diminati oleh kalangan milenial. Namun memang dibutuhkan kreatifitas, strategi dan optimisme agar dapat sukses dan mampu bersaing.

Salah satunya ialah Yayan Ardianto, pemuda asal jalan Sultan Agung Kelurahan Setonopande, Kota Kediri yang telah memulai bisnis ini sejak tahun 2012, bisa dibilang, sekarang ia cukup berhasil berkat usaha clothingnya.

Berawal dari hobi membuat desain-desain kreatif, Yayan mulai memikirkan untuk membangun usaha clothing dengan brand sendiri yang menempelkan karya-karyanya.

Yayan bercerita, ia penyuka fashion dan memiliki kretifitas dalam hal desain grafis. Kreatifitas itu kemudian diaplikasikan lewat produk clothing yang kemudian diberi nama Poison Wearhouse.

“Sebelum terjun ke dunia clothing saya juga pernah bergabung di salah satu group musik di Kediri. Dengan kemampuan kreatifitas desain saya akhirnya saya gabungkan antara musik dan clothing. Karena musik dengan clothing keduanya sangat berkesinambungan,” kata pemuda 29 tahun ini.

Clothing line lokal juga mampu bersaing dengan produk luar negeri dari segi harga dan kualitas. Uniknya, koleksi distro lokal terbilang eksklusif karena diproduksi secara terbatas. 

Yayan mengaku, brand clothing Poison Wearhouse berbeda dengan produk sejenis. Desain brand lokal Poison Wearhouse lebih menonjolkan desain vintage musik era 50-an.

“Kami membuat beberapa artikel desain dengan jumlah yang terbatas. Untuk setiap desain rata – rata hanya  6 kaos limited edision. Selain kaos kita juga Chloting sepatu dan kemeja,” kata pemuda lulusan SMK jurusan multi media.

Selain menjual clothing kaos Poison Wearhouse juga menjual aksesoris, topi, kemeja, baju, celana dan sepatu. Untuk harga aksesoris mulai harga  18 – 50 ribu, untuk topi mulai harga Rp 65 ribu hingga Rp 100 ribu, untuk baju mulai harga Rp 75 ribu hingga Rp 120 ribu. Untuk harga kemeja mulai harga Rp 100 ribu hingga Rp 185 ribu, untuk celana mulai harga Rp 130 ribu hingga Rp 200 ribu dan untuk harga sepatu mulai Rp 190 ribu hingga Rp 325 ribu.

Pada umumnya, konsumen yang membeli bukan hanya dari wilayah Kediri saja, ada juga dari luar pulau seperti Papua bahkan juga sampai ke luar negeri seperti Amerika. Sedangkan untuk wilayah Kediri, mereka langsung datang ke distro.

Yayan menambahkan, desain fesyen akan sangat berdampak terhadap kenyamanan, kebahagiaan, dan kesukaan dari para pemakainya. Karena itu, desain adalah salah satu faktor penting keberhasilan usaha clothingnya. Selain itu, adalah menghadirkan bahan yang berkualitas.

Dalam satu bulan terakhir misalnya, Yayan bisa memproduksi hingga 5 sampai 6 artikel. Jumlah produksi yang dihasilkan itu sejalan dengan tingkat penjualan yang mencapai sekitar 70 hingga 80 persen.

Kemudian yang tidak kalah penting, dirinya merasa bersyukur sudah terdaftar dalam keanggotaan UMKM Disperindagin Kota Kediri. Dan ia selalu diikutsertakan dalam setiap kegiatan pameran.

“Kemarin saya juga diikutkan pameran di Elockfest dan dipromosikan di Pusaka UMKM. Alhamdulilah, di situ saya bisa memperkenalkan produk clothing Poison Wearhouse,” kata anak nomer lima dari lima bersaudara itu.

Selama ikut pameran banyak konsumen yang tertarik produk clothing Poison Wearhouse. Karena menurut mereka kualitas clothing Poison Wearhouse tak kalah dengan produk lainya. “Semenjak itu Alhamdulillah responnya positif banyak konsumen yang pesan,” tandasnya.

Untuk mendapatkan kaos clothing Poison Wearhouse bisa langsung datang di alamat di jalan Sultan Agung no.71 Kelurahan Setonopande, Kota Kediri, atau bisa menghubungi WA 0856 4664 6992.

Poison Wearhouse (Clothing), Alamat jalan Sultan Agung no.71 Kelurahan Setonopande, Kota Kediri. IG  : @poisonwearhouse dan WA : 0856 4664 6992.



Eko Arif Setiono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Harga Minyak Goreng Jadi 11.500 per Liter, Gubernur Khofifah Berharap Harga Ini sampai Konsumen Paling Akhir

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat di samping wali Kota Kediri. (foto:…

BI-FAST Lengkapi Fitur JConnect Mobile Bank Jatim untuk Transfer Lebih Murah

INDONESIAONLINE – BI-FAST merupakan salah satu layanan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia…