Pelaku UMKM dan Pemkot Surabaya Dorong GoSend Sameday Jadi Solusi Pengiriman Ekonomis

JATIMTIMES – Pelaku UMKM dan Pemkot Surabaya mendorong agar layanan baru GoSend Sameday bisa jadi solusi pengiriman ekonomis.  GoSend Sameday adalah layanan pengiriman on-demand. 

Sejak diluncurkan di bulan Oktober 2021, GoSend  Sameday yang merupakan layanan pengiriman satu hari sampai (6-8 jam pengiriman) sebagai solusi  pengiriman lebih ekonomis telah digunakan oleh ribuan pelaku UMKM di Surabaya. 

Dr. Ikhsan MM,  Asisten II Wali Kota Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkot Surabaya mengatakan, pihaknya sangat menunggu kehadiran GoSend Sameday ini di  Surabaya. Sebab akan memperkuat mata rantai pertumbuhan UMKM melalui layanan logistik yang terpercaya. 

Saat ini menurut dia inovasi dalam layanan pengiriman sangat dibutuhkan untuk memudahkan para pelaku UMKM menjangkau pasar yang lebih luas. Sekaligus juga menjaga kualitas layanan kepada konsumen dengan pengiriman cepat sehingga pelayanannya kian naik kelas. 

Ke depannya, Kota Surabaya akan terus menggalakkan inisiatif serta mendukung para stakeholders seperti Gojek untuk bisa bersama-sama mendorong sektor perekonomian terutama UMKM agar mempercepat pemulihan iklim usaha yang terdampak pandemi. 

Dalam acara ini juga turut dihadirkan salah satu pelaku UMKM Surabaya yang memanfaatkan   layanan Sameday. “Di saat pandemi ini, saya melihat masyarakat harus mulai membiasakan diri dengan belanja online dan saya melihat peluang bisnis disana. Hal ini didasari atas keinginan saya untuk membantu masyarakat agar bisa tetap mendapatkan bahan makanan yang mudah, aman dan tentunya praktis melalui toko saya. Kebiasaan pelanggan saya adalah butuh bahan makan secara cepat, namun dengan harga yang  terjangkau,” beber Erlin, salah satu pelaku UMKM di Surabaya dan juga pemilik Tobaking Murah Online yang menjual bahan kue dan masakan.

Lebih lanjut Erlin menjelaskan karena itu, pihaknya selalu menyarankan kepada pelanggan untuk menggunakan GoSend Sameday karena harganya ekonomis namun tepat sampai di hari yang sama. “Sebagai Seller saya merasa sangat terbantu dengan ada layanan ini karena penjualan jadi meningkat dan pengirimannya juga sangat cepat,” imbuhnya.

Terpisah Dena Natalia – District Head Gojek Surabaya menambahkan perluasan area GoSend Sameday di Surabaya ini sejalan dengan semangat Bangkit Bersama dan komitmen   dalam membantu para pelaku UMKM dan bisnis lokal agar dapat terus bertumbuh. “Kami sangat  bersemangat atas sambutan antusias para pengguna di Surabaya terhadap layanan GoSend Sameday. Hal ini tercermin dari jumlah transaksi yang meningkat sangat pesat hingga 7x lipat sejak 2 minggu pertama  diluncurkan,” jelasnya.

Berdasarkan riset terbaru Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) 2021, 56% social seller-pelaku UMKM di Indonesia menyatakan telah merasakan manfaat layanan  GoSend Sameday dalam kegiatan online. Selain itu, 80% social seller di Kota Surabaya optimis bahwa potensi penjualan di ranah digital akan bertumbuh ke depannya. “Kami berharap layanan ini bisa menjadi manfaat dan opsi pengiriman andalan sehari sampai yang cepat  dan hemat untuk belanja online yang mudah dan juga mendukung para pelaku UMKM agar tetap tangguh  serta bersaing di masa penuh tantangan,” sebut Dena.

Hasil riset LD FEB UI khusus di kota Surabaya, menyatakan bahwa 3 (tiga) alasan utama bagi pengguna untuk menggunakan layanan logistik Gojek adalah untuk menghemat waktu, meningkatkan layanan dan kepercayaan pelanggan. 

Diketahui pula bahwa fitur GoSend yang sangat membantu dalam mengembangkan usaha para pelaku UMKM diantaranya adalah Live Tracking, opsi chat dengan driver dan  diskon ongkos kirim. Selain fitur favorit, GoSend turut dilengkapi proof of pick-up/delivery serta asuransi hingga Rp 10 juta. 

“Kami ingin merangkul sebanyak mungkin UMKM di Surabaya untuk memanfaatkan GoSend Sameday  sebagai solusi pengiriman yang aman dan hemat. Di saat yang sama kami juga mengajak warga Surabaya  untuk berbelanja langsung dari UMKM dan bisa mendapatkan pesanan mereka sehari sampai,” tutup Dena.



M. Bahrul Marzuki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like

Tingkatkan Kolaborasi untuk Keberlanjutan, Ignasius Jonan: Peran Pemimpin Tangguh sebagai Agen Perubahan

JATIMTIMES – Dalam sebuah organisasi, kepemimpinan tidak dilihat dari popularitas seseorang, peringkat,…

Harga Minyak Goreng Jadi 11.500 per Liter, Gubernur Khofifah Berharap Harga Ini sampai Konsumen Paling Akhir

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat di samping wali Kota Kediri. (foto:…