INDONESIAONLINE – Universitas Islam Malang (Unisma) terkenal memiliki banyak dosen keren dan kompeten, termasuk di Fakultas Kedokteran (FK). Tentu saja ini berefek pada kualitas lulusan FK Unisma yang terus meningkat. 

Salah satu rahasia FK Unisma untuk mencetak dokter unggulan, adalah dengan meningkatkan kualitas para dosen serta memperluas kerja sama dengan rumah sakit untuk mitra pendidikan.

Dekan FK Unisma, dr Rahma Triliana, MKes PhD menjelaskan, saat ini FK Unisma menjalin kerja sama dan menandatangani kesepakatan dengan FK UB terkait dengan pengiriman dosen untuk menjalani pendidikan S3. 

“Ini tentunya sebagai upaya meningkatkan kapasitas SDM dosen di Unisma,” jelasnya saat ditemui di ruang rapat rektor, beberapa waktu lalu.

Baca Juga  Pelajar MTs Blitar Borong Prestasi di Kejuaraan Robotic Malaysia, Bupati Mak Rini Bangga dan Beri Apresiasi

Dengan kapasitas dosen yang mumpuni, tentunya diharapkan dapat berimbas pada kualitas lulusan. Proses pembelajaran yang ada akan semakin baik, serta para mahasiswa nantinya akan semakin bagus dalam pemahaman materi. 

“Untuk saat ini, masih kami seleksi beberapa dosen untuk melanjutkan pendidikan lagi. Ya mungkin sekitar 5 dosen,” beber Rahma. 

Lebih lanjut ia juga menjelaskan, selain mencetak dokter yang handal, dengan adanya kerja sama ini, FK Unisma diharapkan semakin terdepan dalam mencetak ilmuwan dalam bidang medis dengan berbagai temuan-temuan obat yang bermanfaat.

FK Unisma juga terus berupaya dalam kerja sama mengandeng rumah sakit pendidikan. FK Unisma telah bekerja sama dengan Rumah Sakit Muhammad Anwar, Sumenep, Madura. 

Baca Juga  Senat UIN Malang Bahas Pengajuan Kenaikan Pangkat Dosen

“Sudah kami datangi dan bertemu direktur sampai bupati,” tuturnya.

Dalam kerja sama ini, tentunya saling kontribusi positif bagi kedua belah pihak. FK Unisma juga akan mendorong untuk meningkatkan kualitas rumah sakit yang menerima coast dari FK Unisma.

“Apalagi juga banyak dokter lulusan Unisma yang menjadi dokter di puskesmas ataupun pulau di daerah Sumenep,” paparnya.

Dijelaskannya juga, banyak mahasiswa FK Unisma yang juga berasal dari daerah Sumenep dan Madura. Sehingga, dengan kerja sama yang terjalin ini, tentunya akan semakin memudahkan dan membuat orangtua mahasiswa merasa tenang dengan anaknya melakukan coast di Sumenep.

“Itulah kenapa Unisma juga merambah ke Sumenep,” pungkasnya.