Politik

Fraksi Damai DPRD Kota Malang Usung Abah Anton di Pilkada Mendatang

15
×

Fraksi Damai DPRD Kota Malang Usung Abah Anton di Pilkada Mendatang

Sebarkan artikel ini

INDONESIAONLINE – Empat partai politik (parpol) yang tergabung dalam Fraksi Damai di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Malang sepakat mengusung Abah Anton sebagai calon dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) mendatang. Keempat parpol tersebut adalah Partai Nasdem, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Demokrat, dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Kesepakatan ini diumumkan dalam sebuah deklarasi yang dikemas dalam acara halal bihalal pada Minggu (19/5/2024) malam. Dalam acara tersebut, hadir pimpinan keempat parpol bersama Abah Anton, yang turut hadir bak bintang tamu. Deklarasi ini disaksikan oleh pengurus dan beberapa perwakilan kader dari keempat partai.

Mochammad Anton, atau yang akrab disapa Abah Anton, menyatakan bahwa semua calon kepala daerah (cakada) membutuhkan dukungan dari partai politik untuk dapat bersaing dalam Pilkada Kota Malang.

“Saya kira semua cakada itu membutuhkan sebuah jembatan sebagai cakada melalui partai,” ujar Anton.

Pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2024, keempat parpol yang tergabung dalam Fraksi Damai berhasil memperoleh total 9 kursi di DPRD Kota Malang. Partai Demokrat mendapatkan 3 kursi, Partai Nasdem 3 kursi, PSI 2 kursi, dan PAN 1 kursi.

Baca  Krisdayanti Tegaskan Siap Ikuti Pilkada Kota Batu 2024

“Partai Fraksi Damai memiliki 9 kursi dari 4 partai. Tentu, tidak hanya saya, tetapi cakada lain juga akan mengincar dukungan ini,” jelas Anton.

Abah Anton melihat bahwa keempat partai tersebut memiliki posisi yang cukup kuat dalam Pilkada Kota Malang mendatang dengan modal 9 kursi yang telah dimiliki. “Kami melihat posisi fraksi dari 4 partai sangat kuat karena bisa mencalonkan sendiri kepala daerah dan wakilnya,” imbuh Anton.

Untuk melengkapi persyaratan pencalonan, Anton akan mendaftar ke keempat parpol tersebut secara marathon pada Rabu (22/5/2024).

“Bergantian mulai pagi secara marathon. Karena ada waktu Senin sampai Rabu. Saya ingin hari Rabu bisa selesai daftar,” kata Anton (rw/dnv).