Peristiwa

Gelombang Kelvin Pergi, Sebagian Jatim Diprediksi Masih Hujan

16
×

Gelombang Kelvin Pergi, Sebagian Jatim Diprediksi Masih Hujan

Sebarkan artikel ini

INDONESIAONLINE – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika  (BMKG) Juanda memprakirakan sebagian wilayah Jatim masih berpotensi mengalami hujan pada Sabtu (25/5) hari ini.

BMKG Juanda menyebutkan gelombang Kelvin yang mendekati wilayah Jatim sudah pergi. Meski begitu, masih ada sisa kelembapan udara sehingga menyebabkan beberapa wilayah di Jatim mengalami hujan lokal.

“Meski gelombang Kelvin sudah pergi, tapi beberapa wilayah Jatim masih berpotensi hujan akibat sisa-sisa kelembapan udara yang dibawa Kelvin dan labilitas atmosfer lokal,” terang BMKG Juanda.

Selain itu, BMKG Juanda memprakirakan hujan sedang hingga lebat masih dialami oleh beberapa wilayah di Jatim hingga esok hari, Minggu (26/5).

“Masih waspada potensi hujan sedang-lebat disertai petir dan angin kencang dalam 3 hari ke depan,” tulis BMKG Juanda saat mengunggah prakiraan cuaca.pada 25, 26, dan 27 Mei 2024.

Diketahui, wilayah Jawa Timur saat ini masuk kategori parsial musim kemarau. Sebagian Jawa Timur sudah masuk awal musim kemarau dan sebagian masih peralihan.

Lebih rinci dijelaskan beberapa wilayah Jatim yang diprakirakan mengalami hujan sedang hingga lebat pada Sabtu (25/5) disertai dengan prediksi jamnya adalah sebagai berikut.

Baca  Prof Rhenald Kasali Bahas Orang Kaya Bohongan Suka Pamer, Gilang Juragan 99 Masuk Kategori

Mojokerto diprakirakan pukul 16.00 hujan ringan

Malang diprakirakan pukul 13.00 hujan lebat

Batu diprakirakan pukul 13.00-16.00 hujan lebat

Probolinggo diprakirakan pukul 19.00 hujan ringan

Lumajang diprakirakan pukul 13.00 hujan ringan

Bondowoso diprakirakan pukul 13.00 hujan ringan

Jember diprakirakan pukul 13.00 hujan ringan

Bangkalan diprakirakan pukul 13.00 hujan ringan

Sampang diprakirakan pukul 13.00 hujan ringan

Pamekasan diprakirakan pukul 13.00 hujan ringan

Demikian prakiraan hujan yang dialami wilayah di Jawa Timur pada Sabtu (25/5). Oleh karenanya, BMKG Juanda meminta agar masyarakat waspada potensi cuaca ekstrem yang masih berpeluang terjadi di beberapa wilayah di Jatim.

Selain itu, BMKG  meminta masyarakat untuk menghindari paparan langsung sinar matahari terutama pada siang hari saat beraktivitas di luar eumah, dengan memakai tabir surya, topi atau payung.

“Tetap laksanakan perilaku hidup bersih dan sehat,” imbau BMKG Juanda.  “Konsumsi air mineral dengan cukup untuk menjaga hidrasi tubuh,” tambahnya.

Di musim parsial yang terjadi di wilayah Jatim ini, BMKG mengimbau agar menggunakan air secara hemat dan bijaksana. “Hindari kegiatan pembakaran yang dapat menyebakan kebakaran hutan dan lahan,” ujarnya. “Update informasi cuaca terkini melalui kanal resmi BMKG,” pungkas BMKG Juanda.

Baca  Nilai Tukar Petani Jatim Terbaik di Jawa Selama Mei

Berikut ini prediksi hujan di wilayah Jawa Timur disertai dengan waktunya:

Siang hingga sore hari

di wilayah Kab. Mojokerto, Kota Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo dan Situbondo.  (bin/hel)